Enam Mahasiswa PBI UII Mengikuti Konferensi Internasional di Vietnam

Sebagai komitmen yang kuat dan semangat yang besar untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan riset dan penyebaran ilmu pengetahuan, mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) presentasikan hasil riset dalam VietTesol International Convention 2023. Konferensi bergengsi dalam bidang English Language Teaching (ELT) ini diselenggarakan pada 26-27 Agustus 2023 di People Security Academy, Ha Dong District, Vietnam.

Sebanyak enam mahasiswa PBI UII berpartisipasi dalam VietTesol International Convention 2023 ini, mereka adalah Rifka Indah Nizar, Fahrezi Ahmad Fauzi, Abi Rafdi Farisan, Naufal Mufatih Al Fikri, Audiva Nur Rahma Putri, dan Salsabila Maura Istiqomah. Selain berkesempatan untuk mempresentasikan riset yang telah mereka lakukan, mereka juga mendapat kesempatan untuk menambah relasi akademisi dan peneliti dari berbagai negara, memperluas khazanah pengetahuan, dan kesempatan publikasi internasional.

Pada kesempatan ini, Rifka Indah Nizar mempresentasikan riset nya yang berjudul “An Analysis of Cultural Stereotypes in an Indonesian Government-Endorsed EFL Textbook”. Riset ini menemukan bahwa stereotip budaya digambarkan dalam buku teks dalam beberapa cara: penampilan, gender, perilaku, dan gaya hidup. Studi ini akan memberikan wawasan tentang bagaimana stereotip budaya digambarkan dalam buku teks, dan secara praktis dapat memberikan kontribusi bagi perancang buku teks atau pengembang materi untuk mempertimbangkan bagaimana nilai-nilai budaya akan dimasukkan ke dalam buku teks untuk menghindari terciptanya stereotip dalam budaya tertentu. Selain itu, penelitian ini juga dapat membantu guru untuk mempertimbangkan dalam memilih dan mengajarkan materi yang terkandung dalam buku teks.

Fahrezi Ahmad Fauzi juga mendapat kesempatan yang sama untuk mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul “Exploring Indonesian Lecturers’ Perception about World Englishes in English-Mediated Classroom”. Penelitian ini mengeksplorasi persepsi dua dosen universitas tentang Bahasa Inggris Dunia di kelas mereka. Kedua peserta tersebut merupakan dosen Ilmu sosial yang mengajar pada program internasional dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

Dalam penelitiannya yang berjudul “Exploring an EFL Learner’s Foreign Language Literacy Practices: A Case of Indonesia”, Abi Rafdi Farisan mempresentasikan penelitian yang telah ia lakukan. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta mempunyai berbagai cara praktik literasi tergantung pada berbagai maksud dan tujuan. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bagaimana praktik literasi bahasa asing peserta terkait dengan praktik literasi menggunakan bahasa ibu dalam beberapa cara.

Mahasiswa PBI UII selanjutnya yang mempresentasikan hasil penelitiannya dalam konferensi ini adalah Naufal Mufatih Al Fikri dengan judul penelitian “Indonesian EFL Teachers’ Experiences in Adapting to Curriculum Changes: A Narrative Study”. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan tentang bagaimana perubahan kurikuler berdampak pada guru serta bagaimana mereka memanfaatkan dan menavigasi sumber daya yang tersedia untuk menghadapi tantangan tersebut.

Audiva Nur Rahma Putri mempresentasikan penelitiannya yang berjudul “Indonesian EFL Teachers’ Perceptions and Practices of Using Authentic Materials to Teach English”. maksudkan untuk membawa peserta didik bersentuhan langsung dengan kenyataan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki persepsi guru Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) dalam penggunaan materi otentik dalam pengajaran mereka dan cara mereka mengintegrasikan materi otentik dalam pengajaran mereka. Temuannya menunjukkan bahwa para guru memiliki persepsi positif dalam menggunakan materi autentik dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris mereka.

Salsabila Maura Istiqomah mempresentasikan penelitiannya yang berjudul “An Indonesian EFL Teacher’s Belief about Student-Teacher Interaction in English Classrooms”. Dengan menggunakan analisis tematik, hasil penelitian ini menunjukkan keyakinan peserta berdasarkan berbagai aspek, termasuk keyakinan dan nilai guru, keterlibatan siswa, latar belakang siswa, dan kemahiran berbahasa. Sementara itu, keyakinan ini juga sangat dipengaruhi oleh aspek lain seperti kurikulum, kebijakan sekolah, dll. Implikasi dan arah penelitian ini ke depan juga dibahas.

PBI UII selalu mendukung pengembangan produktivitas mahasiswa dalam menghasilkan karya ilmiah dan inovasi pengajaran. Pencapaian ini diharapkan mampu memotivasi dan menginspirasi banyak mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan berskala global dan memberikan kebermanfaatan bagi sekitar melalui riset dan ilmu pengetahuan. (FSA)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.