PBI UII Selenggarakan Kursus Singkat untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Kabupaten Sleman

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Islam Indonesia (UII) menyelenggarakan kursus singkat bagi para guru Bahasa Inggris di Kabupaten Sleman DIY yang tergabung dalam MGMP Bahasa Inggris. Dengan mengusung tajuk “Understanding and Providing Cohesive & Coherent Feedback on Writing”, kursus singkat ini dibagi menjadi lima sesi yang berlangsung selama dua hari berturut-turut. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang diinisiasi dosen Prodi PBI yang berkolaborasi dengan Prodi Psikologi sebagai bentuk ikhtiar memberikan kebermanfaatan nyata pada masyarakat sesuai dengan bidang keilmuan dosen.

Sebanyak 35 guru dari berbagai sekolah di Kabupaten Sleman dan 41 mahasiswa Prodi PBI UII aktif mengikuti kursus yang diadakan di Auditorium Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII. Dalam acara ini, dihadirkan tiga narasumber yang terdiri dari dosen dari The University of Sydney yaitu Bapak Assoc. Prof. Ahmar Mahboob, PhD., dosen dari Prodi PBI UII yaitu Ibu Puji Rahayu S.Pd., MLST., Ph.D., dan dosen dari Prodi Psikologi UII yaitu Ibu Latifatul Laili, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Secara keseluruhan, ketiga narasumber membagikan materi-materi yang tercakup dalam enam topik terkait teori pemberian umpan balik, contoh yang terjadi di lapangan (The SLATE Projects), penyiapan peserta proyek, manfaat dan tantangan dari umpan balik secara daring, dan aspek psikologis umpan balik untuk siswa menengah atas.

Kursus singkat ini bermaksud membekali guru-guru sebagai peserta secara pengetahuan dan menjadi kesempatan mereka untuk berlatih menggunakan keterampilan pemberian umpan ini dengan efektif di kelas Bahasa Inggris masing-masing guru. Selain menjadi sarana peningkatan kompetensi bagi mereka, program ini juga diharapkan dapat membangun hubungan yang lebih erat antara Prodi PBI UII dan komunitas pendidik di Kabupaten Sleman. (AAN)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.