Outing ke Museum Benteng Vredeburg, PBI UII Sajikan Suasana Belajar Baru untuk Conversation dan Writing Club

Dua klub Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII), Conversation Club dan Writing Club, melangsungkan kegiatan outing ke Museum Benteng Vredeburg untuk memberikan suasana aktivitas klub baru bagi peserta. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Mei 2023 di Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta ini melibatkan fasilitator klub, yaitu tutor-tutor dari Laboratorium Prodi PBI UII dan mahasiswa peserta conversation serta writing club. Sebelum keberangkatan, mahasiswa peserta conversation club diberi pengarahan untuk mengambil rekaman video dan foto untuk membuat video jenis travel vlog sebagai hasil dari kegiatan ini. Sementara itu, mahasiswa peserta writing club mendapat tugas untuk mencatat dan mengobservasi perjalanan guna menyusun artikel bertema traveling.

Museum Benteng Vredeburg dipilih bukan tanpa sebab. Selain memberikan kesempatan untuk mengenal sejarah peradaban di Indonesia, fasilitator klub ingin mengenalkan pengalaman menaiki salah satu transportasi umum di Yogyakarta, yaitu bus TransJogja. Karena lokasi Museum Benteng Vredeburg dapat dituju menggunakan bus TransJogja, museum ini menjadi pilihan destinasi outing klub. Pengalaman menaiki bus TransJogja juga menjadi materi penting dalam penugasan untuk peserta. 

Kegiatan outing dimulai dengan menaiki bus TransJogja di tempat pemberhentian bus, yang berlokasi di depan UII, menuju halte terdekat Museum Benteng Vredeburg di daerah jalan Malioboro, Yogyakarta. Peserta mengambil beberapa video terkait tempat pemberhentian dan halte bus TransJogja, fasilitas di dalam bus, dan suasana selama perjalanan. Setelah sampai di Museum Benteng Vredeburg, rombongan peserta mulai menelusuri pameran-pameran yang dipamerkan dalam empat diorama.

Museum Benteng Vredeburg dulunya merupakan benteng kolonial yang akhirnya dikonversi menjadi museum perjuangan kemerdekaan Indonesia. Tema ini diperlihatkan pada setiap dioramanya. Di dalamnya, rombongan peserta dimudahkan dengan petunjuk-petunjuk berupa nomor sehingga dapat menikmati peragaan perjalanan perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan urutan yang tepat tanpa perlu pemandu. Diorama juga dilengkapi dengan teknologi yang interaktif untuk semakin menarik perhatian pengunjung. Informasi umum dan fitur-fitur ini dimasukkan oleh peserta dalam rekaman video dan foto mereka.

Selain pameran yang permanen, Musem Benteng Vredeburg juga menawarkan pameran yang sifatnya temporer. Pada saat kunjungan, rombongan dari conversation dan writing club mendapat kesempatan melihat pameran lukisan hasil karya seniman-seniman asli Yogyakarta. Pengalaman ini juga tidak lupa didokumentasikan oleh peserta. Setelah selesai melihat-lihat, rombongan kembali ke UII menggunakan bus Transjogja. 

Kegiatan rekreatif-edukatif yang sekaligus menjadi aktivitas untuk penugasan conversation dan writing club yang pertama kali diadakan oleh Prodi PBI UII ini mendapat respons baik dari peserta maupun dosen di lingkungan prodi. Selain menjadi sarana hiburan, kegiatan ini diharapkan mampu mendorong peserta untuk berkreasi dan berkarya sekaligus meningkatkan profisiensi di bidang menulis dan bercakap dalam bahasa Inggris. (AAN)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.