PBI UII Gelar Pelatihan Pengajaran Literacy untuk Relawan Bilik Urang di Pandeglang, Banten

 

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) terus memperluas kerjasama dan kesempatan kolaborasi dengan berbagai pihak eksternal. Sebagai komitmen untuk berpartisipasi aktif dalam mendukung dan meningkatkan kualitas pengajaran literasi, PBI UII menggelar pelatihan pengajaran literasi untuk relawan komunitas pegiat literasi Bilik Urang yang dilaksanakan pada tanggal 5 dan 26 November 2022. Bilik urang sendiri merupakan komunitas pegiat literasi yang diinisiasi dan dirintis oleh salah satu alumni PBI UII yaitu Mehrunnisa Ani Mufti (PBI UII 2018).

 

Pelatihan kapasitas para pegiat literasi yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Video Conference ini terbagi kedalam 3 sesi pelatihan yang diisi oleh dua dosen PBI UII yaitu Willy Prasetya, S.Pd. M.A. dan Anandayu Suri Ardini, S.S., M.A.. Pelatihan pengajaran literasi sesi pertama dibersamai oleh Anandayu Suri Ardini, S.S., M.A.. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan materi terkait cara memilih dan menentukan buku anak yang baik dan relevan, serta bagaimana mengajarkan literasi kepada anak-anak jika memiliki keterbatasan buku cerita dengan membuat cerita ringan yang bisa diterima anak-anak.

 

Pada sesi selanjutnya, kegiatan pelatihan tersebut diisi oleh Willy Prasetya, S.Pd. M.A. yang menyampaikan kiat pengajaran dan penguatan literasi dengan lokakarya membaca. Dalam sesi ini beliau juga menyampaikan bahwa pengajaran literasi harus disampaikan secara berdiferensiasi, dimana pengajarannya harus disesuaikan dengan kemampuan literasi siswa. Sesi terakhir pelatihan yang dilaksanakan pada 26 November 2022 kembali dibersamai oleh Willy Prasetya, S.Pd., M.A.. Kegiatan yang berlangsung interaktif melalui diskusi antara pemateri dan peserta pelatihan ini membahas model atau strategi yang bisa dipakai untuk mengajar literasi untuk anak-anak. 

 

 

Selain mendukung kegiatan yang dirintis oleh alumni, PBI UII juga ingin memberikan dukungan untuk kegiatan literasi di daerah-daerah yang memiliki keterbatasan akses terhadap buku dan jenis teks lain yang mampu meningkatkan kemampuan literasi anak. Dalam kesempatan ini, selain memberikan pelatihan terkait pengajaran literasi, PBI UII juga memberi support berupa buku-buku cerita anak yang ramah cerna. Kegiatan ini diharapkan mampu membekali para relawan pegiat literasi Bilik Urang dengan pengetahuan praktis yang dapat diimplementasikan saat mengajar literasi.(FSA)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.