Dosen dan Mahasiswa PBI UII Hadiri Peringatan Hari Pariwisata Dunia di Desa Ekowisata Pancoh

 

Sebagai program studi mitra yang bersinergi mendukung pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism, dosen dan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) menghadiri peringatan Hari Pariwisata Dunia di Desa Ekowisata Pancoh pada Selasa, 27 September 2022. Dalam peringatan Hari Pariwisata Dunia tahun ini, Desa Ekowisata Pancoh bekerjasama dengan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama sehari penuh menyelenggarakan kegiatan bertajuk Jogja Tourism Day 2022: Regenerative Tourism yang mengkampanyekan green tourism kepada masyarakat luas.

 

Aksi green tourism pada kesempatan ini diwujudkan dalam bentuk sosialisasi penjagaan ekosistem lingkungan yang dimulai dengan rangkaian pelepasan burung, penebaran benih ikan di aliran sungai sekitar embung pancoh dan penanaman bibit pohon di kawasan lereng Gunung Merapi. Setelah prosesi penanaman pohon, peringatan hari pariwisata ini diisi dengan sharing session yang turut dihadiri oleh ketua GIPI Yogyakarta dan Kepala Dinas Pariwisata DIY. Dalam sesi ini keduanya menyampaikan pentingnya penataan ulang pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan pasca pandemi bagi perkembangan ekonomi dan perbaikan lingkungan alam Yogyakarta.

 

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab antara tamu undangan dengan narasumber. Kegiatan ini diharapkan mampu membawa pengaruh yang positif bagi keseluruhan rantai pariwisata dan membangun pilar pariwisata yang lebih berkelanjutan, inklusif, dan tangguh. Seiring dengan semakin bergairahnya kunjungan wisata pasca pandemi, acara ini diinisiasi untuk menumbuhkan kembali aktivitas kreatif pelaku wisata yang diharapkan mampu memunculkan inovasi baru di sektor wisata Yogyakarta. 



0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.