Bekali Mahasiswa dengan Wawasan Mengajar, PBI UII Selenggarakan Sharing Session Bersama Guru SMK Piri 1 Yogyakarta

 

Sebagai upaya membekali mahasiswa dengan wawasan mengajar Bahasa inggris yang lebih luas, PBI UII selenggarakan sharing session bersama Ferina Kamasita, S.Pd. selaku guru Bahasa Inggris SMK PIRI 1 Yogyakarta. Kegiatan yang dilaksanakan secara online pada Jum’at, 24 Juni 2022 ini merupakan kegiatan terakhir dari rangkaian kegiatan pada mata kuliah Reflective Microteaching (RPM) semester ini.

 

Narasumber memaparkan berbagai hal terkait latar belakang sekolah, kondisi, dan tantangan yang dialami sebagai guru Bahasa Inggris sekaligus Waka Kurikulum di SMK PIRI 1 Yogyakarta selama kurang lebih 1 jam. Dalam paparannya, narasumber menekankan bahwa keberagaman latar belakang dan kondisi siswa selama pembelajaran adalah sebuah keunikan sekaligus menjadi tantangan bagi guru untuk menyiasati berbagai pendekatan dan strategi pembelajaran yang diterapkan di kelas.

 

Menurut beliau, salah satu tantangan terbesar yang dihadapi ketika mengajar adalah sikap skeptis siswa terhadap pembelajaran Bahasa Inggris. Tak sedikit siswa yang kekurangan motivasi dan minat belajar karena mereka merasa Bahasa Inggris tidak memiliki korelasi dengan bidang keahlian yang mereka ambil di sekolah. Merespon permasalahan tersebut, guru harus melakukan pendekatan personal pada murid sehingga guru bisa mengimplementasikan metode, media, dan penugasan pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa. Selain itu, beliau mengatakan bahwa guru harus bersifat adaptif dan tegas. Komunikasi antara guru dan siswa juga menjadi jembatan agar terciptanya kelas yang nyaman. 

 

Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan ditutup dengan sesi tanya jawab interaktif antara mahasiswa dengan narasumber. Melalui kegiatan ini, mahasiswa sebagai calon guru diharapkan mampu membangun pembelajaran yang efektif dan interaktif sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa.(YAA/FSA)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.