Tenaga Kependidikan dan Alumni PBI UII Luncurkan Aplikasi Netraku untuk Fasilitasi Para Penyandang Tunanetra dalam Berkegiatan

Wafa Akhyari, tenaga kependidikan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII), mengembangkan aplikasi ponsel pintar untuk memfasilitasi para penyandang tuna netra. Aplikasi yang dinamai Netraku ini dikembangkan dengan pendanaan dari hibah Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) dari Kemdikbudristek RI melalui Direktorat Pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh UII.

Wafa selaku Chief Executive Officer (CEO) Netraku mengatakan bahwa aplikasi ini dikembangkan dengan tujuan memberikan kemudahan bagi para penyandang tuna netra saat beraktivitas sehari-hari. Dengan melibatkan dua alumni PBI UII yakni Lu’luatul Awaliyah (PBI UII 2017) dan Ninik Astutik (PBI UII 2017), Netraku telah melaksanakan tahap sosialisasi dan uji coba di beberapa lembaga pendidikan tunanetra seperti Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam (Yaketunis), Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Bantul, SLB PGRI Sentolo, SLBN Semarang, dan PLD UIN Sunan Kalijaga.

Aplikasi ini memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IOT) untuk mengidentifikasi benda sehari-hari. Saat digunakan, aplikasi ini akan secara otomatis menyebutkan nama benda yang disorot menggunakan kamera ponsel atau kamera portable berbasis IOT.

Netraku memiliki empat fitur dengan kegunaan yang berbeda, yakni  pengenal benda, pembaca tulisan, pembaca nominal uang, dan penunjuk arah jalan. Kedepannya, pengembangan lebih lanjut seperti penambahan fitur penghitung uang, pendeteksi yellow line, dan sistem peringatan terhadap rintangan di jalan akan dilakukan secara berkesinambungan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.