Tingkatkan Kemampuan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Guru SMA, Dosen PBI UII Gelar Forum Diskusi Bersama BPMP DIY

 

Sebagai bentuk tindak lanjut dari program pengabdian masyarakat yang berupa workshop tentang ICT-Enhanced Cooperative Project-Based Learning yang mendapat pendanaan hibah PPM dari Direktorat Pengabdian dan Penelitian Masyarakat (DPPM) UII, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UII selenggarakan Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri oleh seluruh dosen PBI UII dan perwakilan dari Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) DIY. Kegiatan ini diadakan pada hari Senin tanggal 23 Mei 2022 bertempat di Auditorium Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) UII.

 

Acara ini dibuka oleh Irma Windy Astuti, S.S., M.Hum. selaku kepala program studi Pendidikan Bahasa Inggris yang selanjutnya dipandu oleh Marike Nawang Palupi, S.S., PgDip. selaku perwakilan dari Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) DIY. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali dosen PBI UII dalam pendampingan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kepada guru SMA agar lebih memahami skema PTK yang berlaku sekarang dan bisa lebih memfasilitasi guru-guru saat pendampingan PTK lanjutan dari hibah PPM DPPM UII. Kegiatan ini sangatlah penting mengingat bahwa PTK memiliki prosedur yang panjang dan kompleks bagi guru hingga diperlukan bimbingan dan kolaborasi dari dosen PBI UII.

 

Pada sesi paparan materi oleh Marike Nawang Palupi, beliau menegaskan pentingnya Penelitian Tindakan Kelas untuk guru-guru SMA untuk meningkatkan profesionalisme dan  menemukan solusi dari berbagai masalah di kelas. Selain itu, Puji Rahayu, S.Pd., MLST, Ph.D selaku Sekretaris Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris berharap agar proses pendampingan PTK guru SMA dapat berjalan lancar dan dapat menghasilkan PTK yang berkualitas.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.