Dosen PBI UII Berikan Workshop Cooperative Project-Based Learning untuk Anggota MGMP Bahasa Inggris SMA Kabupaten Bantul

 

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) kembali melaksanakan pengabdian kepada masyarakat hasil Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat DPPM UII periode semester genap 2021/2022. Program pengabdian masyarakat melalui workshop ini diketuai oleh Puji Rahayu, MLST, PhD (PBI UII) dengan anggota Willy Prasetya, S.Pd., M.A. (PBI UII) dan Latifatul Laili S.Psi., M.Psi., Psi. (Psikologi UII). Workshop yang bertema ICT-Enhanced Cooperative Project-Based Learning ini diikuti oleh para guru Bahasa Inggris SMA anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kabupaten Bantul. Dilaksanakan selama tiga hari pada 17,19 dan 21 Mei 2022, workshop ini digelar di tiga sekolah berbeda di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Cooperative Learning dan Project-Based Learning adalah dua model pembelajaran yang akhir-akhir ini sedang banyak diterapkan dan dikembangkan. Untuk itu, kegiatan workshop hari pertama pada tanggal 19 Mei 2022 yang diadakan di SMA Negeri 1 Kasihan dibuka dengan pemaparan materi pengantar tentang kombinasi antara Cooperative Learning dan Project-Based Learning oleh Irma Windy Astuti S.S., M.Hum., salah satu dosen PBI UII. Di sesi tersebut, dijelaskan prinsip-prinsip dari Cooperative Project-Based Learning serta contoh pelaksanaannya di sekolah mitra PBI UII. Kegiatan workshop pada hari itu dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang manajemen kelas dalam Cooperative Project-Based Learning yang disampaikan oleh Banatul Murtafi’ah S.Pd., M.Pd. Dalam sesi tersebut, disampaikan bahwa kemampuan guru dalam mengelola kelas dengan baik menjadi salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan Cooperative Project-Based Learning.

 

Workshop hari kedua pada tanggal 19 Mei 2022 dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jetis, Kabupaten Bantul. Latifatul Laili sebagai pemateri pertama menjelaskan tentang aktivitas pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Cooperative Project-Based Learning. Pada sesi kedua, Willy Prasetya menjelaskan tentang penyusunan materi, media dan aplikasi digital yang dapat digunakan dalam Cooperative Project-Based Learning. Pemanfaatan media, teknologi dan aplikasi digital diperlukan agar guru dapat melaksanakan pembelajaran yang lebih variatif dan modern.

 

SMA Negeri 2 Bantul menjadi lokasi terakhir pelaksanaan rangkaian workshop ini pada tanggal 21 Mei 2022. Puji Rahayu selaku pemateri pada hari itu menjelaskan tentang assessment dalam Cooperative Project-Based Learning, termasuk cara dan strategi menilai kinerja kelompok dalam Project-Based Learning dengan penekanan pada tanggungjawab individu, kemampuan sosial, dan kemampuan bekerjasama. Kegiatan workshop ini diakhiri dengan menghadirkan 10 dosen PBI UII untuk berdiskusi dengan para guru dan membantu brainstorming ide Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan PTK ini adalah bentuk luaran dari workshop ini sekaligus upaya kolaborasi antara dosen PBI UII dan guru Bahasa Inggris SMA Kabupaten Bantul. Dosen PBI UII nantinya akan mendampingi pelaksanaan PTK di sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat diterapkan para guru untuk mengembangkan pembelajaran kooperatif berbasis proyek dengan baik dan menghasilkan luaran berupa laporan PTK dan publikasi ilmiah. 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.