PBI UII Literacy Club untuk Mendukung Minat Membaca Mahasiswa

 

Literasi adalah hal yang lekat dengan mahasiswa selama berkuliah. Kegiatan seperti membaca, berdiskusi, dan membuat karya tulis menjadi bagian pokok literasi dalam kehidupan akademis. Mengingat pentingnya literasi, English Department Students Association (EDSA) bersama dengan Willy Prasetya, S.Pd., M.A. selaku  salah satu dosen PBI UII menginisiasi pembentukan PBI UII Literacy Club. Komunitas ini bertujuan untuk menjadi wadah bagu para mahasiswa untuk berbincang tentang buku dan beragam jenis teks, membedah isi teks dan cerita, dan mendiskusikan hal-hal yang tidak dibahas di kelas khususnya soal isu sosial, tren, budaya, nilai-nilai moral dan hal terkait kehidupan sehari-hari.

 

Klub ini sudah menggelar pertemuan sebanyak 2 kali. Pertemuan pertama diadakan pada Kamis, 2 Juni 2022 untuk membedah buku “Tales from the Inner City” karya Shaun Tan. Selanjutnya, pada pertemuan ke-2 pada hari Kamis tanggal 9 Juni 2022, cerita dari Anton Chekhov “The Lady With the Toy Dog” dipilih menjadi bahan diskusi. Kegiatan dalam Literacy Club ini diawali dengan membaca bagian penting secara bersama dan bergantian dan dilanjutkan dengan membedah isi cerita bersama dan mengaitkannya dengan kehidupan sekarang terutama relevansinya dengan kehidupan masing-masing. Kegiatan Literacy Club ini digelar secara rutin setiap hari Kamis.

 

Willy Prasetya selaku inisiator berharap kegiatan yang diadakan oleh PBI UII Literacy Club dapat berjalan secara rutin dan kedepannya menjadi salah satu klub yang bisa memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan diri dan mendorong kreativitas mereka dalam literasi bersama EDSA. Selain itu, ia juga berharap agar klub ini bisa dimanfaatkan mahasiswa dan dosen sebagai pendukung pembelajaran mata kuliah yang berkaitan dengan reading yang ada di PBI UII.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.