Kolaborasi Dosen PBI UII Dengan Dosen Psikologi Berhasil Terbitkan Buku Manajemen Kelas dalam Perspektif Islam

 

Dosen PBI UII bernama Banatul Murtafi’ah, S.Pd., M.Pd berkolaborasi dengan dua dosen Program Studi Psikologi, Dian Febriany Putri, S.Psi., M.Psi., Psikolog dan Latifatul Laili, S.Psi., M.Psi., Psikolog untuk menerbitkan buku yang berjudul Manajemen Kelas Dalam Perspektif Islam. Buku ini diterbitkan melalui UII Press sebagai bagian dari program hibah penulisan buku integrasi islam dan ilmu tahun 2021 oleh Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. 

Penulisan buku ini ditujukan untuk digunakan sebagai acuan dalam mata kuliah Language Classroom Management di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia. Menurut penulis, buku ini diharapkan mampu memfasilitasi persiapan calon guru muslim dari prodi pendidikan di universitas yang berbasis islam. Terdapat 6 bab di buku yang mendalami seluk beluk manajemen kelas mulai dari konsep manajemen kelas dari sudut pandang islam dan barat, kontrak belajar, strategi melatih kedisiplinan siswa, membangun relasi antara guru dan siswa, melatih tanggung jawab siswa, hingga strategi praktis manajemen kelas untuk guru. Selain itu, terdapat studi kasus, refleksi dan evaluasi pada setiap bagian akhir bab untuk membuka ruang diskusi dan mengasah pemahaman dan praktik pengelolaan kelas pada mahasiswa.

Buku yang berjudul Manajemen Kelas Dalam Perspektif Islam ini juga telah dibedah oleh Dr. Ista Maharsi, S.S., M.Hum selaku dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FPSB UII dalam acara Seminar Nasional dan Bedah Buku. Acara ini diadakan oleh FPSB UII dalam rangka Milad FPSB UII ke-27. Dalam acara ini, para penulis menerima berbagai masukan, saran dan kritik yang membangun dari pembedah buku.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.