Dosen PBI UII Berhasil Terbitkan Buku Ajar Pendidikan Profetik

Dua dosen PBI UII bernama Puji Rahayu, S.Pd., MLST., Ph.D dan Astri Hapsari, S.S., M.TESOL berkolaborasi dengan dosen Program Studi Psikologi, Hazhira Qudsyi, S.Psi., M.A untuk menerbitkan buku yang berjudul  Buku Ajar Pendidikan Profetik. Buku ini diterbitkan melalui UII Press sebagai bagian dari program hibah penulisan buku integrasi islam dan ilmu tahun 2021 oleh Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. 

Penulisan buku ini ditujukan untuk digunakan sebagai acuan dalam mata kuliah Prophetic Education di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia. Buku ajar ini didesain untuk 16 pertemuan pada mata kuliah tersebut. Terdapat 4 bagian pokok dalam buku ini yang membahas berbagai materi mulai dari konsep dasar paradigma profetik, konsep manajemen kelas, komunikasi guru berdasarkan pendidikan profetik hingga model desain pembelajaran daring. Selain itu, pada setiap bab terdapat prates untuk mengukur latar belakang pengetahuan peserta didik dengan harapan peserta didik dapat mengetahui gap pengetahuan dan lebih fokus dalam mempelajari gap tersebut.

Buku yang berjudul Buku Ajar Pendidikan Profetik ini juga telah dibedah oleh Dr. Sus Budiharto, S.Psi., M.Si., Psi selaku dosen Program Studi Psikologi FPSB UII dalam acara Seminar Nasional dan Bedah Buku. Acara ini diadakan oleh FPSB UII dalam rangka Milad FPSB UII ke-27. Dalam acara ini, para penulis menerima berbagai masukan, saran dan kritik yang membangun dari pembedah buku.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.