KEMBANGKAN FUN LEARNING, MAHASISWI KKN PBI UII CIPTAKAN KIDDO’S STUDY CLUB

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Universitas Islam Indonesia melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UII baru saja menyelesaikan gelaran KKN Reguler 1 Angkatan 56. Sebanyak kurang lebih 50 orang mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UII ikut berpartisipasi dalam kegiatan periodik kampus tersebut. Berikut adalah salah satu cerita program kerja Kuliah Kerja Nyata yang diinisiasi oleh salah satu mahasiswa PBI UII, Ianatul Khoiriyah.

“Salah satu inisiasi program kerja KKN yang saya implementasikan adalah Kiddo’s Study Club/ kelompok belajar Bahasa Inggris. Ide dari program kerja tersebut berawal dari mata kuliah Teaching for Young Learners di semester lalu yang ditujukan untuk pembelajar/ siswa Sekolah Dasar (SD). Berdasarkan hasil observasi dan kondisi anak – anak di desa yang saya tempati akhirnya saya memutuskan untuk mengembangkan pembelajaran yang fun/ menyenangkan untuk anak- anak/ siswa SD di desa tersebut khususnya dalam keterampilan berbahasa Inggris” ujar Iana.

Ianatul Khoiriyah atau yang akrab dipanggil Iana merupakan salah satu mahasiswi Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) angkatan 2014 yang pada bulan Januari sampai Februari lalu mengikuti program KKN UII Reguler angkatan 56. Iana ditempatkan di Desa Gununggajah, Bayat, Klaten, Jawa Tengah.

Dirinya mengaku memperoleh banyak pengalaman saat mengikuti program KKN tersebut, seperti halnya berbagi ilmu, berkontribusi, dan berinteraksi secara langsung dengan masyarakat. “Alhamdulillah melalui program KKN ini saya belajar berbagai hal yang tidak saya dapatkan sebelumnya tentang real life/ kehidupan secara nyata, bagaimana hidup bermasyakarat, dan banyak hal yang lainnya” ujar mahasiswi yang juga awardee PPL Australia dan ASEAN pada 2017 silam.

Iana berharap, program Kiddo’s Study Club yang diimplementasikan di SDN 1 Gununggajah dan SDN 2 Gununggajah tersebut dapat terus berjalan untuk memfasilitasi kemampuan dan keterampilan berbahasa Inggris anak- anak. Setelah program tersebut berjalan, pengembangan selanjutnya yaitu pelatihan Bahasa Inggris yang ditujukan untuk pemuda Karang Taruna dan pengelola wisata alam “Bukit Cinta” di Desa Gununggajah, Bayat, Klaten, Jawa Tengah.

“Dengan dukungan dan minat peserta yang tinggi, inisiasi program ketrampilan berbahasa ini akan besar dan berkembang menjadi program “English for Tourism” bagi pemuda Karang Taruna dan kedepan dapat memfasilitasi mereka berlatih sebagai pemandu wisata alam dalam bahasa Inggris di Desa Gununggajah tersebut” papar Iana.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *