PBI UII GELAR STUDIUM GENERALE BAGI MAHASISWA BARU

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

(Cristopher Michael Cason, Ph.D saat menyampaikan materi Critical Thinking in English Language Learning: Enhancing Learning in A Digital Era)

Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menyelenggarakan agenda rutin tahunan stadium general untuk mahasiswa baru. Kegiatan yang dihelat pada Kamis, 10 Muharram 1440 H/ 20 September 2018 M diselenggarakan di Ruang Audio Visual Lt. 2 Gedung Muhammad Hatta, Perpustakaan Pusat Universitas Islam Indonesia.

Stadium General yang bertemakan “Critical Thinking in English Language Learning: Enhancing Learning in A Digital Era” menghadirkan pembicara Noer Indahyati, S.Pd., M.Pd. BI (Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 3 Yogyakarta) dan Cristopher Michael Cason, Ph.D (Dosen Internasional Program Hukum Universitas Islam Indonesia).

Dalam sambutannya mengawali acara, Ka. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Irma Windy Astuti, S.S., M.Hum menyampaikan bahwa selain untuk menambah wawasan mahasiswa baru berkaitan dengan berpikir kritis dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris di era digital, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru terhadap beberapa program Global Mobility yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, khususnya Program SEA-TEACHER/ PPL ASEAN dan PPL Australia.

Selanjutnya, Dekan FPSB UII, Dr. H. Fuad Nashori, S.Psi., M.Si., M.Ag., Psikolog menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan atmospher akademik kampus khususnya di Fakultas Psikologi & Ilmu Sosial Budaya supaya kelak mahasiswa dapat mengoptimalkan waktu kuliah mereka dengan tidak sekedar mengikuti kegiatan/ sesi-sesi kuliah tetapi juga aktif dalam kegiatan kemahasiswaan kampus lainnya, dan ketika lulus dari UII mereka menjadi memiliki tambahan bekal soft-skill dan lebih siap untuk bersaing di tingkat nasional & bahkan global. Tak lupa, Dekan juga menambahkan pentingnya untuk lulus tepat waktu dan berupaya meraih predikat CumLaude. Selain itu, Dekan juga berpesan untuk mahasiswa baru agar selalu menaati aturan- aturan mahasiswa/ disiplin mahasiswa.

Ka. Prodi PBI UII, Pemateri Studium Generale bersama dengan Awardee PPL ASEAN dan Australia

Sementara itu, Noer Indahyati, S.Pd., M.Pd. BI sebagai pemateri pertama menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan peranan seorang Guru. Bu Indah- sapaan akrab beliau- memberikan gambaran yang bisa dilakukan oleh seorang Guru, diantaranya sebagai motivator, fasilitator, instruktur, orang tua yang membimbing, teman, dan lain sebagainya. “So, being a Teacher is Amazing” Ungkapnya. Lebih lanjut, pembicara kedua, Cristopher Michael Cason, Ph.D menjelaskan terkait critical learning in English language learning mengawali dengan melalui teori taksonomi bloom’s, dilanjutkan dengan materi  bagaimana memahami konsep berfikir kritis dan mengimplementasikannya dalam pembelajaran yang aktif (active learning) dan pengajaran yang aktif (active teaching).

Di akhir sesi diskusi (tanta jawab) dengan kedua pembicara, kegiatan dilanjutkan dengan sharing session tentang Intercultural Experience oleh para Awardees PPL Australia dan PPL ASEAN 2018 berkaitan dengan pengalaman mereka selama mengikuti program Global Mobility tersebut. Harapannya, para peserta mahasiswa mendapatkan wawasan yang utuh terkait dengan pelaksanaan program Global Mobility mulai dari tahapan seleksi, imigrasi, hingga kehidupan bersama dengan host family di luar negeri serta tugas dan kewajiban mereka sebagai awardee program, sehingga peserta dapat lebih termotivasi untuk mengikuti jejak kegiatan akademis global mobility para kakak tingkat mereka.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *