Mahasiswa PBI UII Sabet Juara Pertama di Kompetisi Pendidikan dan Kesenian Internasional

Aureliana Ditasari (PBI UII 2020) meraih prestasi membanggakan dalam The 1st Teknokrat International Competition on Arts and Education 2023 (TICAE 2023) yang diselenggarakan oleh Universitas Teknokrat pada tanggal 12 Agustus 2023. Mahasiswa yang akrab disapa Aurel ini menyabet juara pertama pada kategori lomba microteaching. 

Aurel mengakui prestasi yang diperoleh dalam lomba TICAE 2023 tidak lepas dari peran penting dosen, staf, dan teman-teman PBI UII. Ia juga menyebutkan besarnya pengaruh dari mata kuliah yang ia ambil. Dalam persiapannya, Aurel mengusahakan berbagai upaya untuk bisa menampilkan yang terbaik dalam saat praktik microteaching. Pertama, ia mengembangkan beberapa bagian materi ajarnya dari proyek yang dibuat pada mata kuliah Language Assessment. Berikutnya, ia melakukan konsultasi pembuatan modul secara rutin ke dosen PBI UII, dan juga meminta masukan dari teman-temannya agar tercipta student engagement saat kegiatan mengajar.

Memenangkan lomba TICAE 2023 ini membuatnya lebih percaya diri, khususnya dalam manajemen kelas. Kini, Aurel tengah menyiapkan diri untuk praktik mengajar di Filipina karena terpilih sebagai salah satu delegasi International Teaching Practice 2023. Berangkat dari pengalaman Aurel dalam lomba TICAE 2023, ia memiliki gambaran lebih baik dari segi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran dan strategi mengajar yang menyasar kebutuhan siswa dan konteks pembelajaran.

Kegiatan TICAE sendiri adalah ajang kompetisi akademik dan nonakademik antar universitas sedunia. Kompetisi tersebut menuntut peserta untuk dapat berpikir kreatif dan menumbuhkan rasa percaya diri. Selanjutnya, kompetisi ini mengadakan beberapa kategori lomba, seperti microteaching, senam aerobik, infografis statistik, presentasi SDG, cover song, dan penyiaran berita.(CA)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.