Undang Dosen University of Exeter United Kingdom, PBI UII Gelar General Lecture Learner-Centered Education untuk Pengajar dan Calon Pengajar Bahasa Inggris

 

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) terus berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan berpartisipasi aktif dalam perwujudan Catur Dharma UII melalui berbagai program dan kegiatan. Menghadirkan praktisi internasional, PBI UII sukses gelar General Lecture 2023 bertajuk “To What Extent is Learner-Centred Education Possible in Indonesia?” pada Senin, 7 Agustus 2023. Acara yang diselenggarakan di Auditorium Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) UII ini dihadiri oleh mahasiswa calon guru dan guru Bahasa Inggris anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Yogyakarta.

 

Kegiatan General Lecture 2023 dibuka dengan sambutan hangat dari Dr. Phil. Qurotul Uyun, S.Psi., M.Si., Psikolog selaku dekan FPSB UII dan menghadirkan Dr. Nicholas Bremner selaku dosen University of Exeter, United Kingdom sebagai pemateri. Dalam sambutannya mengawali acara, Ibu Qurotul Uyun menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemateri yang telah berkenan hadir untuk membagikan wawasan dan keilmuan khususnya di bidang learner-centered education kepada para pengajar dan calon pengajar Bahasa Inggris yang hadir. Beliau berharap kegiatan ini dapat memberikan bekal praktis kepada peserta untuk mengimplementasikan learner-centered education di kelas mereka.


Dalam sesi kuliah umum bersama Dr. Bremner, selain menyampaikan tentang konsep mendasar pembelajaran berbasis learner-centered, pemateri juga menyampaikan 10 aspek framework  learner-centred education dalam riset nya yang meliputi active participation, interaction, real life sills, adapting to needs, power sharing, autonomy, metacognition, formative assessment, dan humanistic role. Sesi kuliah umum tersebut dilanjutkan dengan prosesi tanya jawab interaktif antara peserta dengan pemateri dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

 

Tak hanya mendukung mahasiswa untuk aktif dalam meningkatkan keilmuan dan strategi mengajar, PBI UII juga memfasilitasi para pengajar Bahasa inggris yang tergabung dalam keanggotaan MGMP untuk belajar langsung dengan dosen berkompeten dari manca negara. Kegiatan ini diharapkan mampu memberi pencerahan dan  inspirasi kepada peserta General Lecture untuk mengimplementasikan learner-centered education guna mengembangkan karakter dan kompetensi siswa dalam kelas mereka. (FSA)




0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.