Dosen PBI UII Diundang Menjadi Tim Penyusun dan Reviewer Penyusunan Bahan Ajar Keperawatan Poltekkes Kemenkes RI

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan di negara ini, Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan bekerja sama dengan World Health Organization (WHO) menyelenggarakan program kegiatan pelatihan Bahasa Inggris bagi dosen Poltekkes program studi keperawatan berbahasa Inggris. Sebanyak 10 dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) diundang menjadi tim penyusun sekaligus reviewer untuk bahan ajar keperawatan oleh Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Poltekkes Kemenkes RI). 

 

Kegiatan penyusunan bahan ajar keperawatan berbahasa Inggris ini dilaksanakan secara daring pada Senin, 22 Mei 2023 dan luring pada Rabu, 14 Juni 2023. Program ini terdiri dari kegiatan penyusunan mandiri oleh peserta yang merupakan dosen di setiap institusi dan pemberian masukan oleh tim reviewer baik dari aspek muatan materi, bahasa, dan desain pembelajaran. 

 

Pelatihan ini diikuti peserta berjumlah 20 orang dosen keperawatan kelas internasional yang berasal dari empat institusi yaitu Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Poltekkes Kemenkes Medan, Poltekkes Kemenkes Surabaya, dan Poltekkes Kemenkes Pontianak. Pada pertemuan daring, masing-masing dosen Prodi PBI UII bertanggung jawab pada aspek muatan bahasa. Kemudian pada pertemuan luring, kegiatan ini berfokus pada revisi, pemberian umpan balik dan juga saran atau masukan terhadap penulisan bahan ajar secara keseluruhan. 

 

Adanya bahan ajar keperawatan berbahasa Inggris ini diharapkan dapat menjadi alat yang berharga dalam dunia keperawatan untuk memperkaya pengalaman pembelajaran supaya lebih menarik dan berdampak bagi para dosen dan juga mahasiswa. Lebih lanjut, kegiatan kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan baik antar institusi sehingga dapat saling memberikan dukungan dan kontribusi sesuai dengan bidangnya.(NTA)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.