Dosen PBI UII Lolos Hibah Nasional DIKTI 2023

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII), Dr. Ista Maharsi bersama dengan Hendriwanto, M.Hum., Dr. Misdi, Dr. Roghibatul Luthfiyyah (dosen Universitas Swadaya Gunung Jati, Jawa Barat), dan Sri Imelwaty, Ph.D. (dosen Universitas PGRI Sumatera Barat) berhasil lolos hibah Penelitian Dasar Kerjasama Dalam Negeri (PDKN) 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). 

 

Hibah Penelitian Dasar Kerjasama Dalam Negeri (PDKN) 2023 ini akan berlangsung selama dua tahun dengan beragam rangkaian kegiatan di setiap tahunnya. Tahun pertama akan diisi dengan 12 workshop yang diperuntukan kepada guru pamong, guru pembimbing lapangan, dan mahasiswa yang akan terjun melakukan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kemudian di tahun berikutnya, program hibah ini akan berfokus pada kegiatan penulisan karya ilmiah untuk para peserta. Tahap pertama pelaksanaan hibah ini sudah diselenggarakan pada Minggu, 18 Juni 2023 secara blended di Cirebon dan melalui  Zoom Video Conference.

 

Workshop pertama sebagai bagian dari rangkaian program tahun pertama sukses digelar dan menghadirkan Prof. Handoyo Puji Widodo, Ph.D. dari King Abdulaziz University, Saudi Arabia sebagai narasumber tamu. Workshop yang diselenggarakan secara blended dan dihadiri oleh 74 peserta (guru pamong, dosen pembimbing lapangan, dan mahasiswa calon guru yang akan terjun Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sekolah dari Cirebon, Yogyakarta, dan Padang) ini mengusung tema Penguatan Literasi Akademik Kritis melalui Blended Professional Learning Community (PLC).

 

Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi peserta workshop dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan literasi akademik melalui blended professional learning community. Peserta diharapkan memiliki keterampilan yang kuat dalam literasi akademik setelah mempelajari praktik literasi akademik bagi diri, rekan sejawat, dan pembelajar. Luaran dari kegiatan ini adalah publikasi ilmiah di jurnal terkait praktik baik mengajar dan refleksi berliterasi akademik dengan kolaborasi antar mahasiswa, guru, dan dosen. (NTA)


0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.