Tingkatkan Kompetensi dan Wawasan Tentang Strategi Literasi, PBI UII Gelar Workshop Bersama Pakar Literasi untuk Mahasiswa dan Alumni

Sebagai upaya sistematis untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan tentang strategi literasi, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) gelar workshop literasi yang bertajuk “Literacy Strategies for Engaging Students in English Classrooms” pada Selasa, 20 Juni 2023. Workshop ini merupakan salah satu fasilitas untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan berliterasi mahasiswa sebagai calon guru atau pengajar.

Workshop yang diselenggarakan di ruang audio visual gedung Moh. Hatta Universitas Islam Indonesia ini  menghadirkan Firman Parlindungan, Ph.D, selaku pakar literasi sekaligus dosen Universitas Teuku Umar, Aceh. Dalam kesempatan ini, selain menyampaikan tentang strategi literasi dan sumber belajar yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran, beliau juga memberikan kesempatan kepada para peserta workshop untuk mempraktekan kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berliterasi siswa melalui aktivitas graphic organizer, read aloud, dan literature circles.

Setelah melakukan beberapa praktik aktivitas pembelajaran, mahasiswa diminta untuk merefleksikan dan memberikan pendapat mereka terhadap aktivitas-aktivitas pembelajaran yang telah mereka lakukan. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan prosesi tanya jawab interaktif antara mahasiswa dengan narasumber dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Selain mendukung mahasiswa untuk aktif dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran, PBI UII juga memfasilitasi dan mendorong mahasiswa untuk belajar langsung dari pakar guna meningkatkan wawasan dan kompetensi mahasiswa sebagai calon pengajar. Kegiatan ini diharapkan mampu memberi inspirasi kepada peserta workshop untuk memanfaatkan beragam sumber belajar termasuk buku-non-teks-pelajaran dalam pembelajaran, serta memandu peserta workshop menggunakan strategi literasi guna mengembangkan karakter, meningkatkan keterampilan berliterasi, dan meningkatkan kompetensi siswa dalam kelas mereka di masa depan. (FSA)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.