Mahasiswa PBI UII Presentasikan Hasil Riset di Forum Akademis Internasional

PBI UII kembali menunjukkan kontribusinya di kancah internasional. Nabila Zahra Athirah, mahasiswa prodi PBI UII angkatan 2021, berkolaborasi dengan dosen PBI UII Intan Pradita S.S., M.Hum dalam berpartisipasi sebagai peserta dalam perhelatan konferensi internasional International Undergraduate Conference on English Education (IUCEE) 2023 yang diselenggarakan oleh Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta pada 23—24 Mei 2023 lalu secara daring.

IUCEE merupakan forum akademis internasional bagi mahasiswa S1 jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang mewadahi mahasiswa dan dosen untuk bekerja sama dalam riset pengembangan ilmu pembelajaran Bahasa Inggris. Pada konferensi yang bertajuk “Learning beyond classroom in the digital era”, mahasiswa yang akrab disapa Ara ini berkesempatan untuk mempresentasikan penelitiannya yang berjudul “A Corpus Study of Indonesian Teachers’ Representation in Indonesian Online News.” Mengangkat topik representasi guru Indonesia di media berita Indonesia, implikasi dari hasil penelitian ini menyebutkan bahwa guru Indonesia konsisten direpresentasikan sebagai figur panutan dari orang yang terpelajar dan berilmu. Terlepas dari sisi positif ini, kehidupan mereka dinyatakan ‘rentan’. Untuk selanjutnya, makalah yang telah disajikan dalam konferensi ini akan diterbitkan dalam bentuk prosiding dari Universitas Ahmad Dahlan.

Ara mengaku baru pertama kali mengikuti konferensi dan mendalami riset dengan model studi corpus. Namun, ia menuturkan bahwa praktik perkuliahan di PBI UII dan dukungan dari dosen sangat membantunya dalam proses persiapan hingga pelaksanaan konferensi. Lebih lanjut, Ara mengatakan bahwa konferensi internasional ini juga menjadi ruang untuk menambah wawasan seputar English Language Learning di yang belum didapatkan di perkuliahan sekaligus memperdalam materi yang sudah pernah dipelajari. Kegiatan konferensi internasional juga memberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan pemakalah dari berbagai universitas di Indonesia dan mancanegara yang menyajikan riset dengan setting yang bervariasi.

Setelah mengikuti konferensi internasional ini, Ara berkomitmen untuk meningkatkan kualitas makalah dan pemaparannya menjadi lebih baik lagi. Ia mengatakan akan berpartisipasi di konferensi-konferensi berikutnya dan merekomendasikan mahasiswa lain untuk juga memperbanyak pengalaman melalui konferensi. Menurutnya, kegiatan ini dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa untuk ikut serta dalam pengembangan ilmu pengajaran bahasa Inggris. (AAN)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.