Berkolaborasi dengan Dicle University Turkey, PBI UII Sukses Gelar Guest Lecture 2023 sebagai Sarana Meningkatkan Wawasan dan Keterampilan Digital Mahasiswa

Sebagai komitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan berpartisipasi aktif dalam perwujudan Catur Dharma UII yang mencakup pendidikan, pengajaran, dan pengabdian masyarakat, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) berkolaborasi dengan Dicle University Turkey sukses menyelenggarakan Guest Lecture 2023 yang bertajuk “Introduction to Digital Literacy: for Students and Lecturers” pada Selasa, 16 Mei 2023. Acara yang diselenggarakan secara hybrid di ruang microteaching gedung prodi PBI UII dan melalui Zoom Video Conference ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa khususnya mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Technology Enhanced Language Learning (TELL) dan Introduction to Digital Literacy. Kegiatan ini merupakan salah satu fasilitas untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan berliterasi digital mahasiswa dan dosen PBI UII.

 

Kegiatan Guest Lecture 2023 ini dibuka dengan sambutan hangat dari Puji Rahayu S.Pd., M.LS.T., Ph.D. selaku kepala prodi PBI UII dan menghadirkan Cihad Gunduz, M.A. selaku dosen dari Dicle University Turkey sebagai pemateri. Dalam sambutannya mengawali acara, Ibu Puji Rahayu menyampaikan ucapan terima kasih atas kolaborasi baik antara Dicle University dan PBI UII, beliau berharap kolaborasi ini akan terus berlanjut melalui kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran lainnya di masa mendatang.

 

Dalam sesi kuliah tamu bersama Cihad Gunduz, M.A., selain menyampaikan poin-poin yang mendasar tentang literasi digital, pemateri juga menyampaikan bagaimana mahasiswa sebagai calon guru harus terbuka dengan berbagai referensi dan platform digital untuk mempermudah proses belajar mengajar melalui, podcast, social media, youtube dan banyak platform lain untuk meningkatkan technical, cognitive, dan socio-emotional skills. Kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang interaktif antara mahasiswa dan pemateri dan diakhiri dengan sesi penyerahan merchandise PBI UII untuk pemateri.

 

Selain mendukung mahasiswa untuk aktif dalam meningkatkan wawasan dan keterampilan digital, PBI UII juga memfasilitasi dan mendorong mahasiswa untuk belajar langsung dengan dosen berkompeten dari  universitas mitra PBI UII. Kegiatan ini diharapkan mampu memberi inspirasi kepada peserta workshop untuk memanfaatkan beragam media sebagai sumber belajar, serta memandu peserta workshop menggunakan literasi digital guna mengembangkan karakter, meningkatkan keterampilan digital, dan meningkatkan kompetensi siswa dalam kelas mereka di masa depan. (FSA)



0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.