DISEMINASI HASIL RISET TUGAS AKHIR MAHASISWA PBI UII DI FORUM ELT CONFERENCE UNIVERSITAS SILIWANGI

Pendidikan Bahasa Inggris UII (13-14/5) kembali mengirimkan mahasiswa sebagai delegasi untuk mengikuti Conference terkait dengan penelitian kualitatif dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Konferensi yang bertemakan Qualitative Research in ELT: Constructing and Negotiating Changing Indentities as Qualitative Research in an Uncharted Territory tersebut diselenggarakan di Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya.

Cahya Kurniadi (Adi), mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris UII angkatan 2012 yang sekaligus tercatat sebagai alumni fresh graduate PBI UII mempresentasikan makalahnya yang berjudul The Implementation of Character Education in English Classroom Learning Process at SMAN 1 Pakem Case Study. Makalah tersebut merupakan hasil riset dari skripsi dirinya yang kemudian di kolaborasikan dengan salah satu dosen prodi Pendidikan Bahasa Inggris UII dan sekaligus sebagai dosen pembimbing skripsi dirinya yaitu Astri Hapsari, S.S., M.TESOL.

Adi menjelaskan bahwa ada tujuh topik yang dipresentasikan dalam EDSA Conference tersebut, diantaranya Classroom Oriented Research in an EFL Setting, Action Tesearch and Its Dynamics in ELT, Critical Reflective Study in ELT, Case Study in a Blended ELT Environment, Narrative Inquiry in ELT, Teaching and Researching in ELT and Critical Discourse Analysis in ELT. Adi menambahkan, Melalui conference ini, saya mendapatkan banyak relasi, teman-teman baru dari kampus lain dan juga peluang untuk saling bertukar dan  menambah wawasan tentang topik dan teknik penelitian berdesain kualitatif. Hal tersebut penting untuk mengembangkan ide / ber-inovasi kedepannya dalam konteks pengembangan pembelajaran Bahasa Inggris. Lebih jauh lagi, kita juga mendapatkan pengetahuan tentang tren topik-topik dan bentuk-bentuk penelitian kualitatif terkini dari para narasumber dan pakarnya langsung” paparnya.

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.