WORKSHOP PENYUSUNAN DOKUMEN KURIKULUM (SILABUS, RPS & LEMBAR PENUGASAN) BERBASIS KKNI

Pendidikan Bahasa Inggris menyelenggarakan Workshop penyusunan dokumen silabus, RPS, dan lembar penugasan berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) pada Senin 8 Mei 2017. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Sidang PBI UII dengan melibatkan seluruh Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia.

“Tujuan diadakannya workshop ini adalah untuk melengkapi dan memutakhirkan dokumen silabus, RPS dan lembar penugasan sesuai dengan format KKNI sebagai upaya dan bagian dari penguatan kurikulum KKNI prodi. Dalam workshop ini, tim kurikulum dan dewan dosen prodi PBI UII juga mendiskusikan format rubrik untuk melakukan evaluasi terhadap kualitas silabus, RPS dan lembar penugasan berbasis tersebut” ujar Astri Hapsari, S.S., M.TESOL selaku penanggung jawab kegiatan.

 

Workshop ini sangatlah penting mengingat kelengkapan dokumen silabus, RPS dan lembar penugasan merupakan syarat mutlak agar implementasi kurikulum KKNI dapat berjalan efektif dan optimal. KKNI sendiri sangat erat kaitannya dengan kurikulum dan kebijakan yang menjadi pijakan utama bagi institusi Pendidikan. KKNI dijadikan rujukan dalam kurikulum dan penjaminan mutu Pendidikan di Indonesia termasuk di PBI UII sehingga capaian pembelajaran, proses pembelajaran, dan perumusan konten pembelajaran wajib mengacu pada KKNI

Workshop ini menghadirkan Agung Nugraha Adi dari Badan Pengembangan Akademik (BPA) Universitas Islam Indonesia sebagai narasumber. Penyampaian materi workshop dibagi dalam dua sesi yaitu sesi pertama tentang pemaparan rasional dan format silabus, RPS, dan lembar penugasan kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua tentang pemaparan indicator untuk mengevaluasi kualitas silabus, RPS, dan lembar penugasan yang telah dihasilkan.

“Ada beberapa hal terkait perlunya diadakan penyesuaian tehadap format dokumen pembelajaran di tingkat prodi yang mana hal tersebut tidak terlepas dari terbitnya aturan dan dokumen resmi baru baik di tingkat nasional dan internal UII seperti Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT), Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Peraturan Universitas tentang Akademik, Kurikulum Ulil Albab, dan Panduan Penyusunan Kurrikulum, sertastandar penilaian dari Badan Akreditasi/ Sertifikasi Nasional & International”papar pemateri dalamworkshop tersebut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.