PBI UII SELENGGARAKAN WORKSHOP DIGITAL LITERACY UNTUK SISWA SMA/ SMK Di D.I.Y

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

PBI UII Selenggarakan Workshop Digital Literacy untuk Siswa SMA/SMK di DIY

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dewasa ini tidak hanya memberikan pengaruh positif tetapi juga berpotensi memberikan pengaruh negatif terhadap penggunanya, salah satunya bagi kaum pelajar. Saat ini beragam informasi dari berbagai media secara bebas dapat diakses melalui jaringan interconnection networking (internet) kapanpun dan dimanapun terutama dengan tersedianya fasilitas gadget smartphone yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas keseharian masyarakat dan pelajar dewasa ini.

Menyikapi hal tersebut, belum lama ini Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) menyelenggarakan dan memfasilitasi penyelenggaraan workshop digital literacy. Kegiatan yang diselenggarakan pada Senin, 24 Safar 1439H/ 13 November 2017 di Laboratorium Bahasa, Gedung Muhammad Hatta Perpustakaan Lt. 2 UII tersebut diikuti oleh perwakilan siswa/i dari SMA/SMK se-DIY.

Ratna Permata Sari, S.Ikom., M.A sebagai pemateri workshop mengawali pemaparannya dengan penjelasan bahwa digital literacy tidak bisa sekedar dimaknai sebagai kemampuan dalam menggunakan teknologi atau bagaimana seseorang dikatakan melek dan tidak gaptek terhadap teknologi,  akan tetapi juga bagaimana seseorang tersebut bersikap terhadap penggunaan teknologi itu sendiri. Lebih lanjut, pemateri memberikan gambaran lebih dalam dan berbagai contoh tentang tren perilaku masyarakat Indonesia dalam menggunakan dan menyikapi internet kepada peserta workshop.

Dalam paparannya, Ratna juga mengungkapkan beberapa dampak negatif dari internet, seperti cyberbullying, cybercrime, dan cyberwar dalam dunia maya. Oleh karena itu, ungkapnya: “sebagai teenegers, kalian harus bisa dan bijak membedakan antara konten yang berbahaya dan yang aman.”

“Di Indonesia juga sudah diberlakukan UU ITE, jadi kita harus lebih bijak dalam ber-sosial media” ungkap Ratna. “Think before you click!” imbuhnya mengingatkan.

Adapun kegiatan workshop tersebut merupakan bagian dari agenda rutin community service & community empowerement yang diselenggarakan secara berkala oleh prodi PBI UII untuk external stakeholders. Tema yang diangkat dalam workshop tersebut dimaksudkan untuk memberikan edukasi  kepada pelajar terkait pemanfaatan teknologi tepat guna. Prodi PBI UII memandang literasi digital sebagai sebuah konsep dan skill yang penting untuk ditumbuhkan khususnya bagi generasi muda atau yang dikenal juga sebagai generasi digital natives, khususnya mereka yang masih berada dalam tahap pencarian jati dirinya agar terhindar dari perilaku digital yang tidak baik.

Dalam rangka mengawal serta menumbuhkan literasi digital tersebut di level prodi/ bagi internal stakeholders, kurikulum prodi PBI UII juga telah memfasilitasi penyelenggaraan mata kuliah Digital Literacy bagi mahasiswa tahun pertama selama 2 tahun terakhir ini.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *