Guna Meningkatkan Pengalaman Belajar Mahasiswa, PBI UII Kenalkan Artificial Intelligence (AI) dalam Studium Generale 2023

Sebagai upaya dalam memberikan pengalaman belajar terbaik untuk mahasiswa, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) selenggarakan studium generale secara luring pada Minggu, 12 November 2023 di Ruang Auditorium Lantai 3 Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia. Studium generale merupakan tradisi akademik yang dilaksanakan rutin setiap tahun dengan mendatangkan figur-figur inspiratif dan berintelektual sebagai kiat untuk menumbuhkan semangat tinggi mahasiswa baru dalam menjalani dunia perkuliahan.

Kegiatan yang mengusung tema “Utilizing Artificial Intelligence (AI) for Learning” ini mengundang bapak Dr. Anuncius Gumawang Jati, M.A. sebagai pembicara utama dan tiga mahasiswi alumni International Teaching Practice yaitu Yasmine Rafi’ah Darojat (Kuwait Pittayapat School, Thailand), Madina Aulya Aribowo (Brainy Bunch Islamic Montessori, Malaysia), Auliyatunnisa (Chiang Mai Rajabhat University, Thailand). Sesi pertama diisi oleh tiga pembicara mahasiswa yang berbagi pengalaman selama melakukan International Teaching Practice. Selanjutnya, sesi kedua diisi oleh bapak Dr. Anuncius Gumawang Jati, M.A. dengan dimoderatori oleh salah satu dosen PBI UII yaitu Dwiansari Ramadhani, S,S., M.App.Ling.

Dalam sambutannya saat mengawali acara, Kepala Program Studi PBI UII, Ibu Puji Rahayu, Ph.D menyampaikan beberapa hal mengenai manfaat dari penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam dunia pendidikan. Beliau juga mendorong mahasiswa untuk dapat memanfaatkan fasilitas dan ikut serta dalam kegiatan praktik mengajar luar negeri yang merupakan salah satu bagian dari program unggulan program studi.

Sementara itu, tiga mahasiswi alumni International Teaching Practice menyampaikan persiapan yang dilakukan, pengalaman yang mereka alami serta berbagi tips sehingga lolos untuk praktik mengajar luar negeri. Lebih lanjut, Dr. Anuncius Gumawang Jati, M.A. sebagai pemateri utama memaparkan kiat-kiat yang dapat diterapkan mahasiswa dalam memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) dalam dunia pendidikan sebagai potensi untuk meningkatkan pengalaman pembelajaran. (NTA)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.