PBI UII Gelar Workshop untuk Optimalkan Proses Belajar-Mengajar, Dukung Mahasiswa Bersaing di Tingkat Global

Dalam upaya mempersiapkan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UII dengan keterampilan dan pengetahuan serta memadai untuk bersaing di tingkat internasional melalui program unggulan international mobility, PBI UII menggelar menggelar workshop bertajuk Using CLIL Approach to Enhance Students’ Cognitive Skills untuk dosen Prodi PBI UII. Workshop yang diselenggarakan pada hari Jumat, 10 November 2023 ini berfokus pada pendekatan pembelajaran Content and Language Integrated Learning (CLIL) dianggap memiliki potensi untuk mengatasi beberapa tantangan utama dalam proses belajar-mengajar di prodi PBI UII.

Kegiatan ini mendatangkan pemateri ibu Dr. Ima Isnaini Taufiqur Rohmah, M.Pd. selaku dosen prodi Pendidikan Bahasa Inggris di IKIP PGRI Bojonegoro yang sudah banyak bergelut di bidang CLIL pada riset dan tulisan akademisnya dalam beberapa tahun terakhir. Dalam kesempatan ini, beliau menyampaikan materi terkait teori dan implementasi praktis CLIL untuk peningkatan kemampuan kognitif. 

Dalam paparannya, Dr. Ima menjelaskan pentingnya kelas-kelas bahasa Inggris di Indonesia untuk mengadopsi pendekatan CLIL, realita penerapannya, dan bentuk implementasi CLIL yang ideal. Selain pemaparan materi, beliau juga berdiskusi aktif dan interaktif dengan peserta workshop yang terdiri dari tidak hanya dosen Prodi PBI UII, tetapi juga guru program internasional dengan beragam pengalaman yang membuat diskusi lebih luas dan bermakna.

Prodi PBI UII berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi lulusan, termasuk di antaranya melalui penguatan proses belajar-mengajar di kelas. Kegiatan ini diharapkan mampu menambah kualitas pengajaran secara tepat sasaran berdasarkan tantangan dan kebutuhan yang dihadapi memaksimalkan pengembangan keilmuan dan diri mahasiswa. (AAN)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.