Tingkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris, PBI UII dan MAN 3 Sleman Berkolaborasi Sukseskan Mayoga English Camp 2023

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) berupaya meningkatkan jejaring kemitraan dengan ikut serta dalam berbagai program kolaborasi dengan institusi dan pihak eksternal. Sebagai upaya untuk memperkuat pemahaman bahasa Inggris serta membangun hubungan antar-institusi, PBI UII menjadi mitra kolaborasi MAN 3 Sleman dalam melaksanakan Mayoga English Camp 2023 yang dilaksanakan selama satu minggu pada 25 September hingga 30 September 2023 di dua lokasi berbeda. Kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 293 siswa dan melibatkan 18 tutor dari PBI UII ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa inggris khususnya pada kompetensi berbicara (speaking).

Kegiatan Mayoga English Camp ini dibagi dilaksanakan di dua lokasi yang berbeda yaitu MAN 3 Sleman dan Desa Wisata Pentingsari. Serangkaian kegiatan yang dilakukan di MAN 3 Sleman dimulai dengan pre-test dilanjutkan dengan pembelajaran klasikal. Selanjutnya, kegiatan itu disambung dengan aktivitas praktek permainan dan project, post-test, class-exhibition dan gallery walk dimana masing-masing siswa membuat karya dengan tema ‘Love Our Nature, It Will Serve Us Better’ sebagaimana yang telah ditentukan. Tidak hanya itu, setiap siswa wajib bisa menjelaskan fenomena lingkungan dari tema masing-masing kelas kepada juri dan visitor yang berkunjung. Kegiatan tersebut menjadi sebuah wadah bagi para siswa untuk mengasah keterampilan dan kemampuan berbahasa Inggris mereka. 

Melalui kegiatan ini, siswa diharapkan mampu menyelesaikan proyek class exhibition sebagai salah satu kegiatan yang mendukung P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kurikulum Merdeka. Lebih lanjut, rata-rata siswa mengalami peningkatan nilai tes bahasa Inggris secara signifikan setelah menjalani program ini. Mayoga English camp sendiri merupakan program kolaborasi antara PBI UII dengan MAN 3 Sleman sejak tahun 2019. Adapun kerjasama yang terjalin diharapkan dapat membekali siswa-siswi dengan kompetensi berbicara (speaking) dalam menghadapi era globalisasi dengan tetap berlandaskan nilai-nilai keislaman.(NTA)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.