Enam Mahasiswa PBI UII Berhasil Lolos Kampus Mengajar dan Siap Bergerak Memberi Dampak untuk Pendidikan Indonesia

Enam mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) berhasil lolos seleksi Program Kampus Mengajar yang merupakan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program ini dipelopori oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) guna menjembatani mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kampus dan secara langsung terjun untuk berkontribusi ke masyarakat. 

 

Enam mahasiswa PBI UII angkatan 2020 tersebut lolos program Kampus Mengajar angkatan kelima tahun 2023 dan akan berkontribusi ke sekolah yang tersebar di Indonesia selama satu semester. Mereka adalah Devi Syahfira Nakul yang akan berkontribusi di SD Inpres 1 Menawi yang terletak di Kepulauan Yapen Papua, Luthfia Mariatul Fitriani di SD Negeri Bulus Yogyakarta, Aulia Zahra Sulistiani di SD Negeri Tanjungsari Serang Banten, Putri Harum di SD Negeri Cijagra V Bandung Jawa Barat, Hani Nur Prasanti di SD Negeri Srunen Yogyakarta, dan Sri Melani di SD Negeri Bojongwaru Sukabumi Jawa Barat.

 

Melalui program ini, mereka mendapat beberapa keuntungan seperti pengkonversian nilai dari kegiatan mereka sebanyak 20 SKS ke dalam transkrip nilai. Selain itu, keuntungan lainnya adalah mereka akan menerima biaya hidup dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi yang tidak sedang menerima bantuan lain dari pemerintah. Mempertimbangkan beberapa keuntungan tersebut, keikutsertaan mereka dalam program ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal seperti dengan menyerap ilmu yang mereka dapat di lapangan secara maksimal dan meningkatkan keterampilan kepemimpinan, penyelesaian masalah, pengambilan keputusan dan kreativitas mereka.

 

Mereka direncanakan untuk mengikuti pembekalan mahasiswa dan koordinasi komunikasi mahasiswa dan DPL dengan dinas pendidikan dan sekolah pada tanggal 25 Januari – 16 Februari 2023 sebelum pelepasan dan diterjunkan langsung pada tanggal 17 Februari 2023. Mereka akan resmi mengabdi dan berkontribusi aktif memberi dampak mulai dari 20 Februari hingga 16 Juni 2023. (SM)



0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.