Ajak Mahasiswa Menjadi Calon Guru Berwawasan Global, PBI UII Selenggarakan Studium Generale untuk Mahasiswa Baru 2022

 

Sebagai upaya mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi calon guru yang berwawasan global, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) selenggarakan studium generale secara luring pada hari Jum’at tanggal 11 November 2022 di Ruang Audiovisual Lantai 4 Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. Studium generale merupakan tradisi akademik yang dilaksanakan rutin setiap tahun dengan mendatangkan figur-figur inspiratif dan berintelektual sebagai kiat untuk menumbuhkan semangat tinggi mahasiswa baru dalam menjalani dunia perkuliahan.

 

Kegiatan yang mengusung tema “Teachers Lead the Way: Pathways to Global Future Educators” ini mengundang ibu Elga Andriana, S.Psi., M.Ed., Ph.D sebagai pembicara di sesi pertama. Sesi pertama ini dimoderatori oleh salah satu dosen PBI UII yaitu Dr. Ista Maharsi, S.S., M.Hum. Sedangkan pada sesi kedua diisi oleh tiga mahasiswa alumni Kampus Mengajar  yaitu Jumi’atul Arpian (SD Negeri 15 Woja, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat), Meliani Anisa (SMP Pandu Nusantara, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat) dan Dea Tri Sulistia (SMP Negeri 1 Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat). Pada sesi kedua ini dimoderatori oleh Chintya Arlita, S.Pd. 

 

Dalam sambutannya saat mengawali acara, Kepala Program Studi PBI UII, Ibu Puji Rahayu, Ph.D menyampaikan beberapa hal terkait pentingnya membekali diri dengan wawasan global sebelum praktik langsung di lapangan sebagai guru. Beliau juga mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh program studi untuk mendukung peningkatan ilmu dan kemampuan mereka.

 

Sementara itu, Elga Andriana, S.Psi., M.Ed., Ph.D sebagai pemateri pertama menyampaikan kiat-kiat yang dapat diterapkan mahasiswa untuk menjadi calon guru yang berwawasan global. Lebih lanjut, pada sesi berikutnya Jumi’atul Arpian, Meliani Anisa, dan Dea Tri Sulistia memaparkan berbagai persiapan dan tips sehingga mampu bersaing dan berhasil lolos program Kampus Mengajar. Mereka bertiga menekankan bahwa sangat penting untuk kita mempersiapkan masa depan sejak tahun pertama perkuliahan melalui penerapan manajemen waktu yang baik, bergabung dengan organisasi yang sesuai minat dan bakat, dan menjaga performa studi mereka. (SM)


0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.