Tiga Tim Penelitian Dosen PBI UII Diseminasikan Hasil Hibah Pengembangan Pembelajaran

 

Tiga tim penelitian dosen Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Islam Indonesia (UII) mendiseminasikan hasil penelitian hibah setelah melakukan penelitian selama satu semester. Dilaksanakan pada Jumat, 22 Juli 2022 melalui platform zoom meeting, diseminasi ini dihadiri oleh para tim dosen peneliti, dosen PBI, serta Abdur Rafik selaku perwakilan dari Direktorat Pengembangam Akademik (DPA). Ketiga penelitian dosen tersebut merupakan penerima hibah pengembangan pembelajaran di semester Genap tahun 2021/2022.  Terbagi manjadi 3 skema berbeda yakni skema 3 Hibah Pengembangan Team Teaching, skema 1 Hibah Mentoring Pengembangan Pembelajaran Berpusat pada Mahasiswa, dan skema 4 Hibah Implementasi Kegiatan Pembelajaran Non-Perkuliahan.

 

Anandayu Suri Ardini, S.S., M.A. dan Banatul Murtafi’ah, S.Pd., M.Pd. selaku ketua hibah penelitian skema 3 melakukan penelitian terkait peningkatan kompetensi social presence di kelas Language Classroom Management yang menggunakan pendekatan Problem-Based Learning. Pada tahun ini, penelitian dibuat dengan 3 mode yaitu, mengajar secara daring, luring, Hyflex (hybrid and flexible). Dengan menggunakan 3 mode tersebut, penelitian ini banyak menemukan temuan yang dialami para mahasiswa dalam menerapkan classroom management mereka saat praktik mengajar.

 

Dari hibah penelitian Skema 4, Intan Pradita, S.S., M.Hum., dan Dr. Ista Maharsi S.S., M.Hum melaporkan hasil penelitiannya yang difokuskan pada program Kampus Mengajar yang dikaji untuk pengembangan kegiatan non – perkuliahan  bagi mahasiswa. Penelitian yang baru dimulai semester ini melaporkan banyak capaian luaran seperti buku panduan Kampus Mengajar, artikel publikasi, modul pembelajaran, dan 4 video praktek mengajar yang dikolaborasikan dengan tim penelitian Reflective Peer Microteaching (RPM).

 

Selanjutnya tim hibah skema 1 Irma Windy Astuti S.s., M.hum. dan Willy Prasetya, S.Pd., M.A. melakukan penelitian tentang penerapan Cooperative Learning terhadap kemampuan mengajar para mahasiswa di kelas RPM. Penelitian tersebut dimentori oleh Puji Astuti S. Pd., M. Pd., Ph. D. yang merupakan dosen dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Semarang.  Penelitian ini juga melibatkan 3 narasumber guru dari beberapa sekolah di wilayah Yogyakarta dan Magelang untuk mengetahui beragam kondisi pembelajaran di lapangan pasca pandemi. Praktik mengajar dibagi menjadi 3 siklus. Dengan temuan masalah yang dipaparkan oleh narasumber, mahasiswa secara berkelompok melakukan praktek mengajar dengan menerapkan kerja Cooperative Learning dan strategi pembelajaran yang disusun secara berkelompok.

 

Abdur Rafik selaku perwakilan dari DPA UII yang ikut menyimak diseminasi tersebut memberikan tanggapannya di akhir sesi pertemuan. Abdul merasa sangat berterima kasih kepada para dosen PBI UII yang mau berpartisipasi dalam hibah pengembangan pembelajaran. Beliau merasa hal tersebut perlu ditingkatkan untuk inovasi – inovasi pembelajaran di UII. Secara keseluruhan hasil diseminasi tim penelitian yang dilaporkan dengan baik dengan hasil signifikan diharapkan terus dilanjutkan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.