Memantik Kembali Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi, PBI UII Selenggarakan Webinar Penerapan Growth Mindset

 

Pandemi COVID-19 telah memberikan banyak sekali disrupsi dalam proses belajar mengajar dalam dua tahun ke belakang. Selama pandemi, proses pendidikan yang harus dijalankan dengan pembatasan interaksi dan pertemuan fisik mengakibatkan siswa merasa bosan dan kehilangan motivasi belajar mereka. Motivasi belajar yang menurun tentu saja berdampak pada semangat untuk mengembangkan diri dan meraih masa depan. Merespon hal tersebut, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) menyelenggarakan seminar web yang bertajuk “Mapping Out and Planning the Future” pada Sabtu, 26 Maret 2022.

 

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Video Conference ini dibuka langsung oleh Dr. Phil. Emi Zulaifah, M.Sc. selaku Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia (FPSB UII) dan menghadirkan narasumber inspiratif, Nisa Sri Wahyuni, M.Sc. selaku alumni Imperial College London sekaligus konsultan vaksinasi COVID-19 di World Health Organization (WHO). Webinar yang terbuka untuk siswa Sekolah Menengah Atas dari seluruh Indonesia dan peserta umum ini berjalan dengan lancar dipandu oleh Banatul Murtafi’ah S.Pd., M.Pd. sebagai moderator.

 

Pada sesi pemaparan materi, Nisa Sri Wahyuni, M.Sc. menyampaikan bagaimana pentingnya motivasi sebagai dorongan dasar yang kuat untuk menggerakan, mengarahkan, dan menjaga diri untuk bisa berprestasi meraih mimpi. Tak lupa dalam paparannya beliau juga menambahkan bahwa penting bagi siswa untuk memiliki growth-mindset sebagai alat yang membentuk keyakinan, perilaku, dan cara berfikir dalam menentukan sikap dan pandangan saat kita mengambil keputusan dalam hidup.

 

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab interaktif antara narasumber dengan peserta webinar. Peserta webinar yang aktif bertanya dalam sesi tanya jawab juga mendapatkan hadiah berupa merchandise eksklusif dari PBI UII. Acara ini diharapkan mampu memantik peserta webinar untuk menumbuhkan kembali motivasi belajar sekaligus menanamkan growth-mindset agar mereka mampu beradaptasi dan berkembang dengan dinamika yang ada.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.