Dosen PBI UII Sukses Jalani Sidang Terbuka Promosi Doktor

 

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) Dr. Ista Maharsi, S.S., M.Hum. sukses ikuti Ujian Promosi Doktor pada 13 Januari 2022. Sebelumnya, ia telah mengikuti ujian tertutup dan resmi meraih gelar doktor pada tanggal 26 Oktober 2021 dari Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Gelar tersebut disematkan setelah ia menyelesaikan ujian disertasinya yang berjudul “EFL Reading Motivation Dynamics in Blended Extensive Reading: A Multiple Case Studies.”

 

Dalam disertasinya, ia membahas tentang gambaran pelaksanaan program blended extensive reading yang diterapkan pada mata kuliah dan di luar mata kuliah, perubahan motivasi pembaca selama satu semester dan penyebabnya, serta aspek yang berperan dalam mempertahankan motivasi pembaca dalam membaca teks berbahasa Inggris.

 

Sosok yang kerap disapa Miss Ista ini diuji oleh  Prof. Dr. Zamzami, M.Pd. (ketua/penguji), Prof. Sugirin, M.A., Ph.D. (promotor/penguji), Ashadi, M.Hum. Ed.D. (kopromotor/sekretaris penguji), Prof. Suwarsih Madya, M.A., Ph.D. (penguji internal 1), Prof. Dr. Pratomo Widodo, M.Pd. (penguji internal 2), dan Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd. (penguji eksternal).

 

Selama proses pendidikan doktor, ia merasakan pengalaman yang sangat mengesankan. Selain mempelajari ilmu Pendidikan Bahasa Inggris, miss Ista belajar tentang ilmu kehidupan, pentingnya menghargai waktu, manajemen diri, masalah, stres dan juga emosi. Pasca mendapatkan gelar tertinggi dalam bidang akademik, ia berharap ilmu yang berkah, mampu mengajar, meneliti, membimbing, memfasilitasi mahasiswa dan memenuhi pengembangan profesional dengan lebih baik, serta menjadi pribadi yang amanah dan rendah hati.

 

Semakin bertambahnya dosen yang telah berhasil menyelesaikan studi doktoral, diharapkan mampu memberikan kontribusi lebih terhadap Universitas, khususnya bagi Prodi PBI UII melalui penelitian, serta peningkatan kualitas dan mutu akademik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.