Dosen PBI UII Membumikan Multikulturalisme dalam Webinar Seri Islamic Multicultural Education Kedua

 

Pendidikan multikultural menempati peran fundamental dalam berdamai dengan keberagaman sebagai upaya hidup rukun dan berdampingan. Sebagai salah satu upaya mendukung pengembangan pendidikan multikultural Islam, Anandayu Suri Ardini, S.S., M.A. menghadirkan webinar bertajuk “Multiculturalism in Children’s Literature” melalui program hibah kolaborasi pengabdian masyarakat dari Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia (FPSB UII).

Pada webinar yang diselenggarakan secara daring pada Jum’at, 22 Oktober 2021 ini, peserta webinar diajak bernostalgia dengan mengulas kesusasteraan anak dan berdiskusi tentang nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya. Selain itu, mereka juga diajak untuk membaca bersama-sama cerita anak berjudul The Day You Begin karya Jacqueline Woodson. Dari cerita tersebut, beberapa peserta diminta untuk menyampaikan kesimpulan dan nilai moral yang terkandung di dalamnya.

Menurut Anandayu, cerita merupakan alat yang paling berpotensi untuk membentuk persepsi, nilai, sikap dan tingkah laku kepada para pembaca atau pendengarnya. Pada sesi akhir webinar ini, dilakukan sesi tanya jawab tentang nilai-nilai yang terkandung dalam cerita dan penerapannya dalam kasus yang ada di sekitar. Melalui kegiatan ini peserta webinar yang notabenenya tinggal di negara multikultural, diharapkan bisa mengaplikasikan nilai-nilai multikultural yang telah dipelajari dalam keseharian supaya dapat hidup berdampingan dengan keberagaman. (LA)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.