Dosen PBI UII Diseminasikan Hasil Hibah Pengembangan Pembelajaran Daring

 

Tiga orang dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) telah melaksanakan diseminasi hasil penelitian hibah di hadapan Agung Nugroho Adi, S.T., M.T. selaku perwakilan dari Direktorat Pengembangan Akademik Universitas Islam Indonesia (DPA UII), seluruh jajaran dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan tamu umum pada hari Sabtu, 21 Agustus 2021, pukul 10:00 WIB. Tiga dosen tersebut merupakan penerima Hibah Pengembangan Pembelajaran Daring dari DPA UII dengan skema mentoring untuk semester Genap 2020/2021.

Anandayu Suri Ardini, S.S., M.A. dan  Willy Prasetya, S.Pd., M.A. melakukan penelitian tentang penerapan Problem-Based Learning terhadap kemampuan mengajar secara daring para mahasiswa di kelas Reflective Peer Microteaching. Penelitian tersebut dimentori oleh Dr. Nur Arifah Drajati, M.Hum. yang merupakan dosen dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Penelitian tersebut juga melibatkan beberapa guru dari MTs Muhammadiyah Plus Muntilan, SMA N 3 Yogyakarta, MAN 3 Sleman, dan SMK PIRI Yogyakarta sebagai narasumber untuk mengetahui beragam kondisi pembelajaran daring di lapangan. Dengan demikian, mahasiswa dapat berlatih melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran sesuai dengan kondisi riil.

Sementara itu, Banatul Murtafi’ah, S.Pd., M.Pd. melakukan penelitian tentang peningkatan kompetensi social presence di kelas Language Classroom Management yang dimentori oleh Intan Pradita, S.S., M.Hum., dosen PBI UII. Topik tersebut dipilih karena hal tersebut merupakan salah satu inti dari konsep pengelolaan kelas. Khususnya di masa pembelajaran daring, salah satu tantangan yang sering dihadapi guru adalah sulitnya menjalin komunikasi interpersonal antara guru dan siswa. Dengan memiliki kompetensi social presence yang memadai, seorang guru dapat lebih mudah berinteraksi dengan siswanya, serta lebih mudah mengkondisikan kelas dan mencegah disruptive behaviors.

Kedua penelitian tersebut menunjukkan hasil yang signifikan masing-masing berupa peningkatan kemampuan mengajar secara daring dan peningkatan kompetensi social presence. Hasil dari kedua penelitian ini diharapkan dapat mempersiapkan mahasiswa untuk terjun ke sekolah saat pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).

Melalui kedua penelitian tersebut serta diskusi selama pelaksanaan diseminasi, ada beberapa rekomendasi dan harapan untuk pelaksanaan perkuliahan di PBI UII. Pertama, diperlukan adanya peninjauan kurikulum supaya rangkaian mata kuliah pedagogi berjalan secara selaras dan saling mendukung. Kemudian, diperlukan adanya community of practice sebagai wadah bagi para dosen untuk saling berbagi beragam hal mengenai penelitian dan pengajaran. Adanya community of practice juga dapat merangkul sekolah mitra dan pihak pengguna lulusan lainnya, dengan harapan bahwa PBI UII dapat menyelaraskan proses pembelajaran dengan kebutuhan dan tantangan yang ada di lapangan. Selain itu, dosen peneliti berharap bahwa meskipun pada mata kuliah RPM mahasiswa belajar untuk menyusun dan melaksanakan praktek pembelajaran daring, keterampilan identifikasi dan pemecahan masalah yang sudah didapatkan akan berguna dalam berbagai konteks dan situasi di masa yang akan datang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.