Mahasiswa PBI UII Identifikasi Masalah Pembelajaran Daring Melalui Sharing Session dengan Guru Sekolah

 

Mahasiswa PBI UII yang mengambil mata kuliah Reflective Peer Microteaching (RPM) mengikuti kegiatan sharing session dengan guru sekolah secara daring pada hari Sabtu, 6 Maret 2021. Kegiatan tersebut menggandeng Ridha Ayu Kharisma Dewi, S.Pd., M.Pd., guru Bahasa Inggris MTs Muhammadiyah Plus Muntilan sekaligus anggota MGMP Bahasa Inggris kabupaten Magelang Jawa Tengah, sebagai pemateri.

Anandayu Suri Ardini, S.S., M.A., salah satu dosen pengampu mata kuliah RPM, mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan agar mahasiswa mampu menganalisa kebutuhan siswa selama pembelajaran daring berdasarkan paparan masalah yang terjadi di lapangan. Dengan hal tersebut, diharapkan mahasiswa dapat merancang dan melaksanakan kegiatan belajar-mengajar sesuai dengan kebutuhan siswa dan situasi yang ada sekarang.

Kegiatan sharing session tersebut berlangsung selama  satu setengah jam dengan antusiasme para peserta yang sangat besar. Para peserta mengajukan banyak pertanyaan-pertanyaan seputar pembelajaran daring dan beberapa permasalahan yang sering muncul saat pelaksanaannya. Menurut Ridha, ada beberapa tantangan yang mungkin dihadapi oleh siswa saat kegiatan pembelajaran daring, seperti permasalahan teknis yang berkaitan dengan jaringan internet, kompatibilitas gadget yang digunakan, rendahnya motivasi untuk belajar disebabkan oleh peniadaan ujian nasional, adanya sistem zonasi, tidak adanya kewajiban untuk mengumpulkan tugas seperti yang biasa dilakukan saat pembelajaran luring, dan kesulitan siswa dalam memahami materi.

Kegiatan yang diikuti oleh lebih kurang 51 mahasiwa tersebut berjalan dengan lancar dan interaktif. Ferbiana Nerissa Arvenina sebagai salah satu peserta mengaku bahwa kegiatan ini dapat memberikan gambaran tentang kondisi nyata saat nanti menjadi guru. “Saya bisa tahu apa saja kendala selama mengajar itu, kondisi guru, dan cara mengatasi masalah selama mengajar online,” tutur Ferbiana. Senada dengan Ferbiana, Novita menambahkan bahwa banyak sekali informasi mengenai tantangan yang dapat dihadapi oleh siswa maupun guru dalam pembelajaran daring. “Miss Ridha juga berbagi solusi yang belum pernah terpikir oleh saya supaya pembelajaran daring tetap terkondisi dengan baik. Saya juga bisa punya gambaran nanti apa yang mungkin disiapkan kalau PPL masih dilakukan secara daring,” imbuhnya. (FHA/WP)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.