Tingkatkan Kualifikasi Lulusan, PBI UII Jalin Kerjasama dengan Briton English Education Authorized Exam Centre of Cambridge Assessment English

 

 

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) menjalin kerjasama dengan Briton English Education Authorized Exam Centre of Cambridge Assessment English sebagai usaha untuk meningkatkan daya saing lulusan PBI UII melalui sertifikasi TKT Cambridge. Penandatanganan Kerjasama dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 10 Maret 2021 di Auditorium Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia. Acara ini dihadiri oleh Sirajuddin Tenri, M.Ed. selaku Direktur Briton English Education Authorized Exam Centre of Cambridge Assessment English beserta jajarannya, Dr. H. Fuad Nashori, S.Psi., M.A.g. Psikolog selaku Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) UII, Irma Windy Astuti, S.S., M.Hum. selaku Kaprodi PBI UII, dan Intan Pradita, S.S., M.Hum. selaku Kepala Laboratorium Bahasa PBI UII. Kegiatan penandatanganan kerjasama tersebut berlangsung lancar dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan sesuai ketentuan dari Universitas Islam Indonesia dan Kementrian Kesehatan Indonesia.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Kaprodi PBI UII, Irma Windy Astuti, S.S., M.Hum., yang menyambut positif terjalinnya kemitraan yang akan dimulai tahun 2021 ini.  Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kualifikasi lulusan Prodi PBI UII agar memiliki daya saing di tingkat internasional melalui sertifikasi TKT Cambridge.

Direktur Briton English Education Authorized Exam Centre of Cambridge Assessment English, Sirajuddin Tenri, M.Ed., juga menyambut baik terjalinnya kerjasama ini dan berharap bahwa penandatanganan kesepakatan ini menjadi awal untuk kerjasama lebih lanjut guna meningkatkan kualifikasi para lulusan PBI UII. Selain itu, beliau juga menekankan pentingnya peningkatan kualifikasi calon guru Bahasa Inggris untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia.

Dekan FPSB UII, Dr. H. Fuad Nashori, S.Psi., M.A.g. Psikolog, melalui pidatonya memberikan apresiasi terhadap kerja sama ini. Beliau berharap bahwa kerja sama ini akan berjalan lancar dan menjadi pintu pembuka untuk mengembangkan kegiatan lain dalam kerjasama ini yang bisa memberikan dampak positif lebih luas kepada seluruh civitas akademika FPSB UII.

Inisiator kerjasama ini sekaligus Kepala laboratorium Bahasa PBI UII, Intan Pradita, S.S., M.Hum., meyakini bahwa kesempatan menjadi guru bahasa Inggris di kawasan Asia Tenggara dan Asia Barat semakin terbuka untuk sarjana Pendidikan Bahasa Inggris di seluruh dunia. Di lingkup dalam negeri, kurikulum internasional, khususnya Cambridge Curriculum, juga sudah semakin banyak digunakan sebagai suplemen kurikulum pemerintah. Sehingga, salah satu penunjang keterampilan untuk meraih kesempatan tersebut adalah melalui sertifikasi TKT Cambridge untuk para calon guru Bahasa Inggris. Sertifikasi tersebut akan diselenggarakan secara rutin dan memberikan peluang peningkatan kompetensi & kualifikasi mengajar tidak hanya bagi mahasiswa aktif, tetapi juga bagi calon lulusan dan alumni prodi PBI UII. (SM/WP)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.