KULIAH UMUM STUDY SKILL UNTUK MAHASISWA BARU, EVALUASI SEA-TEACHER PROJECT SEAMEO DI THAILAND & KEIKUTSERTAAN DOSEN DALAM KONFERENSI INTERNASIONAL ICTTE

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

kuliah umum pengembangan study skill untuk mahasiswa baru Prodi. Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia

Program studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas PsikologidanIlmuSosialBudaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) menyelenggarakan kuliah umum pengembangan study skill untuk mahasiswa baru T.A 2017/2018 di ruang Auditorium FPSB pada Kamis, 8 Muharram 1439H/ 28 September 2017M.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan tujuan agar mahasiswa baru mampu mengekspresikan diri dalam proses belajar di perguruan tinggi, memahami potensi diri dan melakukan goal setting/ proses penetapan sasaran yang ada dalam diri untuk mencapai standard of excellent sehingga mampu berprestasi dengan gemilang.

Ir. Retno Tri Andari, MBA selaku pembicara dalam kegiatan study skill tersebut mengenalkan istilah dan konsep SMART  pada mahasiswa baru PBI UII yaitu Specific/ spesifik, Meansurable/ dapat diukur, Aggressive but Attainable/ Agresif tapi dapat diraih, Result-oriented/ berorientasi pada hasil, Time-bound/ berbatas waktu dalam kaitannya dengan materi goal-setting

The 4th Evaluation Meeting of Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project)

Para pesertapun  dilibatkan dalam sesi diskusi, tanya jawab dan diminta untuk menuliskan personal mission statement dalam bentuk langkah-langkah kongkret sebagai bagian dari perencanaan / goal setting untuk memfasilitasi mereka fokus dalam melihat / mencapai tujuan, mengeliminasi hal yang tidak penting, dan membangkitkan semangat dalam belajar sehingga mampu mempersembahkan yang terbaik selama menempuh proses akademik di PBI UII.

Sementara itu di bulan berikutnya, dan masih dalam periode semester gasal 2017/ 2018, tepatnya pada Senin-Selasa, 19-20 Muharram 1439 H/ 9-10 Oktober 2017 bertempat di Hotel Empress di Chiang Mai, Thailand, bersama dengan 41 perwakilan dari berbagai universitas di Asia Tenggara, Program studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) diwakili oleh Irma Windy Astuti, S.S., M.Hum, berpartisipasi dalam The 4th Evaluation Meeting of Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ASEAN/ Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project ) merupakan program yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa calon guru agar memiliki pengalaman mengajar (praktikum) di sekolah- sekolah di negara di kawasan Asia Tenggara. Program yang difasilitasi oleh dan dikerjasamakan dengan SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization). Evaluasi  berkala pasca program tersebut ditujukan untuk memperbaiki sistem dalam rangka penyiapan dan fasilitasi program SEA-Teacher yang lebih baik di  tahun 2018.

Kerjasama PBI UII dengan SEAMEO melalui SEA-Teacher Project/ PPL Asean tersebut juga merupakan langkah prodi dalam  memperluas hubungan kerjasama International dan menumbuhkan lingkungan belajar bagi mahasiswa yang berorientasi pada kompetensi global.

Pada bulan yang sama yaitu pada Sabtu, 17 Muharram 1439 H/ 7 Oktober 2017 Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Islam Indonesia (UII) mengirimkan delegasinya untuk mendesiminasikan hasil penelitiannya dalam Konferensi Internasional ICTTE (The 3rd International Conference on Teacher Training and Education) yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) di Hotel Sunan Surakarta.

Ista Maharsi, S.S., M.Hum, Dosen PBI UII, mempresentasikan hasil penelitiannya dalam Konferensi Internasional ICTTE

Ista Maharsi, S.S., M.Hum, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UII berpartisipasi dalam ICTTE dan mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul “Experiential Learning Approach to Teach Content Course in An EFL Teacher Educational Program”. Konferensi yang bertemakan “Teacher Training and Education: Opportunities and Challenges in Fostering Quality Learning in the Era of Open Knowledge” tersebut mencakup berbagai aspek / sub-tema dibidang Pendidikan, diantaranya perkembangan pendidikan, pembelajaran, dan pengembangan institusi pendidikan guru, serta pemanfaatan IT dan pelatihan guru untuk kemajuan pendidikan. Forum ilmiah tersebut diikuti oleh peneliti, akademisi, pendidik, praktisi, birokrat, dan konsultan yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Jepang. Hasil dari keikutsertaan Ista Maharsi, S.S., M.Hum dalam konferensi tersebut diantaranya adalah diterbitkannya artikel ilmiah beliau dalam proceeding konferensi dengan indeksasi bereputasi internasional setelah tulisan beliau dinyatakan lulus dari tahapan review dan seleksi yang ketat

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *