PBI UII Wadahi Kreativitas dan Prestasi Siswa di 2 Sekolah Mitra

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

(Ista Maharsi, S.S., M.Hum bersama komunitas Reading Squad PBI UII)

KALIURANG (UII News) – Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) menyelenggarakan kompetisi Bahasa Inggris sebagai rangkaian kegiatan School Visit  di tiga sekolah mitra PBI di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada 11 Dzulhijjah 1438H/ 2 September 2017 sampai 7 Muharram 1439H/ 27 September 2017. School Visit merupakan kunjungan sekolah yang dilakukan oleh Prodi PBI UII dan dimaksudkan untuk mewadahi kreativitas dan prestasi siswa dalam mengasah kemampuan mereka di bidang Bahasa Inggris. Penyelenggaraan school visit tahun ini melibatkan 3 sekolah mitra PBI yaitu: SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman Yogyakarta dan SMA Negeri 1 Pakem.

Pelaksanaan program school visit ini didampingi dan difasilitasi langsung oleh penanggung jawab program di sekolah yang sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) pada kegiatan tahunan prodi yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Sekolah.  Dosen pendamping dalam kegiatan school visit dan English competition di sekolah-sekolah tersebut antara lain:  Irma Windy Astuti, S.S., M.Hum, RizkiFarani, S.Pd., M.Pd, dan Ista Maharsi S.S., M.Hum. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa PPL PBI sebagai panitia pelaksana serta komunitas Reading Squad PBI UII.

Dalam pelaksanaan program school visit tersebut para siswa tampak sangat antusias dalam mengikuti berbagai kompetisi yang diselenggarakan di masing-masing sekolah.  Rangkaian kegiatan school visit yang diselenggarakan di SMA N 2 Ngaglik Sleman Yogyakarta diantaranya Reading Corner, Dare to Read, dan  Fast Reading CompetitionReading Corner merupakan salah satu fasilitas penunjang ekskul bahasa Inggris dan literasi yang difasilitasi oleh PBI UII bagi siswa-siswa di SMA 2 Ngaglik. Corner tersebut difungsikan sebagai tempat membaca buku cerita (graded readers) dalam bahasa Inggris yang berada di lokasi strategis di sekolah tersebut. Sedangkan Dare to Read adalah kegiatan pelatihan yang diberikan oleh pakar terkait pentingnya memiliki pemahaman literasi bagi siswa.  Fast reading competition  menjadi puncak kegiatan  school visit di SMA 2 Ngaglik. IstaMaharsi, S.S., M.Hum sebagai penggagas komunitas Reading Squad PBI UII mengatakan bahwa tujuan diadakannya  kompetisi reading ini adalah untuk meningkatkan minat baca siswa sekaligus mengembalikan budaya membaca sebagai sarana hiburan dan membuka wawasan siswa.

 

(Mahasiswa PBI UII sedang memandu jalannya Movie Discussion di SMA 1 Pakem)

Di lokasi yang lain dan dalam rangkaian kegiatan school visit Prodi PBI UII di SMA N 1 Pakem Yogyakarta, telah terselenggara juga kegiatan ekskul movie discussion dan lomba movie review untuk siswa-siswa kelas X IPA dan kelas X IPS di sekolah tersebut. Film Forrest Gump yang menceritakan tentang perjalanan hidup seorang pria dengan IQ 75 disajikan dan diangkat sebagai bahan diskusi dan review film. Kegiatan movie  discussion dan movie review ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan paparan bahasa Inggris bagi siswa sekaligus sebagai medium untuk melatih kemampuan wicara dan argumentatif mereka dalam bahasa Inggris baik secara lisan maupun tertulis. Hasil dari review film siswa-siswa pada kegiatan  tersebut selanjutnya dikompetisikan dan akan dinilai oleh tim mahasiswa dan dosen, untuk menentukan beberapa pemenang yang akan berhak mendapatkan sertifikat penghargaan dan reward menarik dari PBI UII (Faozan/ Irma)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *