Sumbangsih PBI UII Dalam Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Guru dan Lulusan Prodi Melalui Workshop IELTS: Tips and Tricks

Kunci penting dalam mengerjakan IELTS adalah ‘give what IELTS wants” : Beri apa yang IELTS inginkan, jangan berlebihan. Misal jika IELTS minta jawaban 2 kata, maka ya jawabnya hanya 2 kata. Tidak lebih!”. Demikian disampaikan oleh Ista Maharsi, S.S., M. Hum selaku pemateri kepada peserta Workshop IELTS: Tips and Tricks di Gedung  Moh. Hatta (Perpustakaan UII), pada Jumat, 11 Shafar 1438 H/11 November 2016.

 

Ista Maharani menambahkan bahwa untuk wilayah Asia, skor 7 (IELTS) sudah termasuk kategori bagus. Untuk keperluan beasiswa ke luar negeri pun biasanya institusi pendidikan tinggi di luar negeri mensyarakatkan skor IELTS minimal 6,5. Lebih jauh Ista menerangkan bahwa IELTS terdiri dari 4 bagian soal, yakni listening (40 questions, 30 minutes + 10 minutes transfer time), reading (40 questions, 60 minutes), writing (2 task, 60 minutes), and speaking (3 task, 11-15 minutes).

“There are two different IELTS modules: Academic and General Training. Speaking and listening tests are the same. Reading and writing tests are different”, ungkapnya. Academics module menurutnya dipergunakan untuk mereka yang ingin studi lanjut (dalam/luar negeri) pada perguruan tinggi yang levelnya lebih tinggi maupun untuk bekerja di beberapa lembaga profesional, seperti dokter, perawat, pilot, dll.  Sedangkan General Training Module lebih digunakan untuk kepentingan bepergian ke negeri pengguna Bahasa Inggris ataupun studi lanjut ke luar negeri dengan level perguruan tinggi/fakultas yang lebih rendah.

Workshop IELTS tersebut merupakan bagian dari rangkaian program optimasi laboratorium bahasa prodi PBI UII (dari 3 rangkaian workshop) yang didedikasikan bagi pengembangan keilmuan dan ketrampilan berbahasa Inggris serta pengembangan profesional peserta, khususnya dalam konteks workshop ini adalah para guru dan lulusan prodi yang berencana untuk melanjutkan studinya di jenjang Master dan Doktoral di luar negeri. Peserta menyatakan apresiasinya terhadap penyelenggaraan workshop sehari (one-day workshop) tersebut yang dinilai sangat informatif dan intensif dalam mengupas trik-trik penyelesaian soalan IELTS.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.