Mahasiswa PBI UII Sabet Juara 2 Lomba Microteaching Tingkat Internasional

Nadya Loemongga (PBI UII 2020) mencapai prestasi luar biasa dalam International English Festival 2023 yang digelar oleh Universitas Muria Kudus pada tanggal 6 hingga 16 September 2023. Mahasiswa yang kerap disapa akrab ini berhasil meraih peringkat kedua dalam kompetisi microteaching.

Usaha yang ditempuh oleh Nadya untuk meraih prestasi tersebut tidak terjadi dalam semalam. Sejak awal, Nadya menjalani proses persiapan untuk lomba ini; dia selalu berdoa dan meminta restu dari orang tuanya. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menjadi dokumen utama yang wajib dikumpulkan oleh peserta lomba microteaching. Nadya, sebagai peserta lomba, sering melakukan konsultasi pembuatan RPP kepada dosen pembimbing. Selama proses pembuatan RPP hingga video microteaching, dia belajar bahwa manajemen waktu, inovasi, manajemen kelas, dan public speaking memiliki peran penting dalam mencapai performa mengajar yang maksimal.

Perasaan syukur dirasakan oleh Nadya karena berhasil menduduki peringkat kedua pada kompetisi microteaching, hal ini tidak lepas dari doa dan dukungan orang tua, teman-teman, dan dosen PBI UII. Dengan dukungan mereka, Nadya merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk mencapai hasil terbaik dalam lomba tersebut dan tetap terus meningkatkan potensinya. Berangkat dari pengalaman Nadya dalam lomba International English Festival 2023, ia memiliki pandangan bahwa RPP berperan sangat penting bagi guru karena RPP menyediakan peta jalan untuk pengajaran yang efektif. Terlebihnya lagi, RPP membantu guru untuk tetap terorganisir, memastikan semua topik yang diperlukan sudah terakomodir, dan menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan bermakna bagi para siswa.

Lomba microteaching dalam International English Festival 2023 mengangkat tema “Innovative Learning with Technology in the Society Era.” Kompetisi tersebut menguji kemampuan pengajaran dan metode pengajaran peserta lomba di dalam kelas berbahasa Inggris. Selain itu, peserta lomba wajib membuat RPP dan video microteaching sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (CA)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.