PBI UII Gelar Acara Pelepasan Mahasiswa International Teaching Practice

 

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) menggelar acara pelepasan International Teaching Practice atau praktik mengajar internasional pada Kamis, 27 Juli 2023. Acara yang diselenggarakan di Auditorium Gedung Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) dihadiri oleh pimpinan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB), dosen PBI UII, dan mahasiswa yang telah lolos mengikuti rangkaian seleksi International Teaching Practice. Acara dimulai dengan sambutan dari Dr. Phil. Qurotul Uyun, S.Psi., M.Si., Psikolog selaku Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya dan Puji Rahayu, S.Pd., M.LS.T., Ph.D. selaku Kepala Program Studi PBI UII.

Prodi PBI UII menerjunkan 17 mahasiswa untuk mengikuti praktik mengajar internasional. Enam mahasiswa melaksanakan praktik mengajar internasional di sekolah mitra luar negeri yang berada di Malaysia, Thailand, dan Australia sedangkan 11 lainnya melaksanakan praktik mengajar internasional di Vietnam, Thailand, dan Filipina untuk program SEA-Teacher hasil kerjasama Universitas Islam Indonesia (UII) dengan universitas di bawah naungan The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO). 

Praktik mengajar internasional ini akan dimulai dengan periode keberangkatan pada tanggal 1 Agustus 2023 hingga minggu pertama bulan September 2023 mendatang. Praktik mengajar akan berlangsung dengan durasi yang berbeda untuk setiap negara tujuan. Praktik mengajar internasional di Australia akan dilaksanakan selama dua minggu sedangkan untuk Malaysia, Thailand, Filipina dan Vietnam akan berlangsung selama kurang lebih satu bulan. Lebih lanjut, mahasiswa yang telah terpilih akan mengajar mulai dari jenjang pendidikan usia dasar hingga pendidikan menengah. Berikut adalah detail daftar nama sekolah di negara tujuan. 

Acara pelepasan International Teaching Practice dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas secara simbolik oleh Puji Rahayu, S.Pd., M.LS.T., Ph.D. selaku Kepala Program Studi PBI UII dan sosialisasi luaran program yang dibersamai oleh Dr. Ista Maharsi, S.S., M.Hum. selaku dosen PBI UII. Dalam kesempatan ini, beliau menyampaikan bahwa mahasiswa perlu membuat luaran berupa e-portfolio dan dokumentasi kegiatan mulai dari keberangkatan hingga selesainya praktik mengajar internasional ini. 

Dr. Phil. Qurotul Uyun, S.Psi., M.Si., Psikolog selaku Dekan FPSB berpesan agar mahasiswa dapat menghadapi tantangan dan menyesuaikan diri dengan budaya di luar negeri dengan tetap menjaga norma dan nilai-nilai keislaman. Acara kemudian ditutup dengan do’a bersama yang dipimpin oleh Willy Prasetya, S.Pd., M.A. selaku dosen PBI UII dan sesi foto bersama.(NTA)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.