PBI UII Gelar Workshop dan Pendampingan Penulisan Proposal Penelitian/Pengabdian Masyarakat untuk Meraih Hibah Eksternal

 

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) gelar workshop dan pendampingan penulisan proposal penelitian/pengabdian masyarakat hibah eksternal bagi dosen PBI UII pada Senin, 13 November 2023. Workshop ini merupakan salah satu fasilitas untuk meningkatkan produktivitas penelitian dan pengabdian masyarakat dosen PBI UII dalam meraih hibah penelitian eksternal.

 

Workshop dan pendampingan penulisan proposal hibah eksternal yang diselenggarakan secara hybrid melalui Zoom Video Conference ini menghadirkan pemateri yang memiliki kredibilitas dalam mengikuti hibah penelitian eksternal sekaligus dosen Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon yaitu Hendriawanto, S.Pd., M.Pd.. Dalam kesempatan ini, selain menyampaikan materi terkait strategi praktis penulisan proposal hibah eksternal, beliau juga mereview draft isi proposal, isu, dan tema yang sudah dibuat oleh dosen-dosen PBI UII.

 

Dalam paparannya, Hendriawanto menyampaikan bahwa dalam pengajuan proposal harus memperhatikan hal-hal penting yang terkadang dilewatkan oleh para dosen yang tengah mengajukan proposal hibah seperti, susunan roadmap penelitian, rekam jejak peneliti, dan kesesuaian proposal yang diajukan dengan visi dan misi pemberi dana. Diberikan juga materi tentang persyaratan administrasi, kesalahan umum proposal, kelayakan rekam jejak pengusul hibah, serta kelayakan usulan penelitian.

Selain mendukung dosen untuk aktif melakukan penelitian dan pengabdian, PBI UII juga memfasilitasi dan mendorong para dosen untuk terlibat dalam berbagai kegiatan kolaborasi, baik dengan peneliti perguruan tinggi lain di dalam maupun luar negeri. Kegiatan ini diharapkan mampu menambah wawasan dan memantik semangat para dosen untuk berkontribusi menjalankan catur dharma UII dengan memberikan solusi berdasarkan kajian akademik atas kebutuhan, tantangan, dan persoalan yang dihadapi masyarakat melalui penelitian dan pengabdian masyarakat. (FSA)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.