PBI UII Gelar Persiapan Pendaftaran IISMA 2023 untuk Dampingi Mahasiswa Calon Pendaftar

Dengan dibukanya pendaftaran program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2023 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) selenggarakan kegiatan persiapan pendaftaran IISMA 2023 dengan tajuk Gearing Up for IISMA 2023 bagi mahasiswa PBI UII yang berminat berpartisipasi dalam program ini pada Rabu, 15 Februari 2023. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk fasilitas prodi dalam pengembangan kompetensi mahasiswa untuk berkiprah secara global sekaligus mendukung upaya internasionalisasi pendidikan.

 

Kegiatan persiapan untuk IISMA 2023 ini diawali dengan sambutan pembukaan dari Puji Rahayu, P.hD selaku ketua program studi PBI UII. Kegiatan ini diisi oleh dua mahasiswa PBI UII yang pernah menjadi penerima IISMA, yaitu Adisa Tiara Kinasihing Ramadhan (PBI UII 2019) dan Muhammad Arif Santoso (PBI UII 2020) sebagai narasumber. Dalam kegiatan yang dibagi ke dalam tiga sesi ini, Adisa dan Arif membagikan pengalaman sebagai alumni IISMA dan menjelaskan metode strategis untuk wawancara dan penyusunan motivation letter. Tidak hanya itu, keduanya juga memberikan kritik dan saran terhadap hasil motivation letter yang ditulis oleh peserta.

 

Pada sesi pertama, kegiatan dibersamai oleh Adisa dan Arif yang secara bergantian menyampaikan pengalaman mendaftar IISMA dan berkuliah dengan program tersebut. Sesi ini dilanjutkan dengan penyampaian tips and tricks untuk wawancara IISMA oleh Adisa. Dalam paparannya, ia menekankan bahwa pertanyaan yang muncul merujuk pada esai yang dikumpulkan sehingga pemahaman mendalam terkait esai tersebut sangat dianjurkan.  

 

Pada sesi berikutnya, kegiatan persiapan ini dibawakan oleh Arif yang menjelaskan kiat-kiat praktis dalam menyusun motivation letter. Dalam sesi ini ia menyampaikan bahwa esai yang efektif sebaiknya perlu merefleksikan empat aspek, yaitu accurate, marketable, purposeful, dan personalized. Sesi ini diakhiri dengan praktik penyusunan motivation letter dan diskusi interaktif terkait esai yang dibuat antara peserta dan kedua narasumber.

 

Kegiatan persiapan pendaftaran IISMA 2023 ini diakhiri dengan sesi tanya jawab seputar pemaparan narasumber yang diikuti oleh sesi foto bersama. Dengan kegiatan ini diharapkan mahasiswa calon pendaftar memperoleh informasi yang dibutuhkan guna membuat perencanaan yang bijak terkait keikutsertaan program IISMA 2023 sehingga meningkatkan peluang mereka untuk diterima. (AAN)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.