Tingkatkan Wawasan Professional Branding, PBI UII Gelar Workshop Career Planning untuk Mahasiswa dan Alumni

 

Sebagai komitmen untuk memfasilitasi program pengembangan karir mahasiswa dan alumni dalam berkiprah secara profesional di dunia kerja, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) selenggarakan workshop perencanaan karir pada Senin, 5 Desember 2022. Kegiatan yang bertempat di Ruang Audiovisual Lt. 4 Gedung Prof. Mr. H. Mohammad Yamin Fakultas Hukum UII ini dihadiri oleh 65 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan alumni PBI UII.

 

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan hangat dari Dr. Phil. Qurotul Uyun, S.Psi., M.Si., Psikolog selaku Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) dan menghadirkan Imam Subchan (wirausahawan dan konsultan senior di Dbrandcom) dan Putri Maharani (Guru Bahasa Inggris di Cakap) sebagai pembicara utama dalam workshop ini. Kegiatan workshop yang dibagi kedalam dua sesi ini memberikan ruang bagi mahasiswa dan alumni untuk berdiskusi dengan narasumber tentang kiat-kiat mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja baik di bidang industri maupun lembaga pendidikan.

 

Pada sesi pertama, kegiatan workshop ini dibersamai oleh Imam Subhan yang menyampaikan materi dengan tema “Scaling Up Your Personal & Professional Branding”. Dalam sesi ini beliau menyampaikan bagaimana membangun citra diri secara profesional dan bagaimana citra tersebut mempengaruhi persepsi orang lain saat melihat dan menilai diri kita. Beliau juga menyampaikan bahwa setidaknya ada 3 karakter yang perlu dimiliki seseorang untuk membangun branding secara profesional yakni, persistence, resilience, dan agility. Sesi selanjutnya dibersamai oleh Putri Maharani dengan materi yang bertema “Building Your Career Path in Language Industry”. Dalam sesi yang interaktif ini beliau menyampaikan pentingnya persiapan, inspirasi, dan determinasi dalam menentukan jenjang karir dalam bidang pengajaran bahasa serta pentingnya kemampuan interpersonal yang harus dimiliki mahasiswa dan alumni agar mampu bersaing sebagai pengajar profesional.

 

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab interaktif antara mahasiswa dan narasumber yang kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Kegiatan ini diharapkan mampu memfasilitasi mahasiswa dengan informasi atau wawasan yang dibutuhkan untuk mempersiapkan karir melalui pengembangan portofolio dan professional branding agar dapat berkiprah di masyarakat baik sebagai individu maupun profesional.(FSA)



0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.