Mahasiswa PBI UII Laksanakan Praktek Mengajar di 13 Provinsi

 

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) melaksanakan pembekalan sekaligus pelepasan bagi 70 mahasiswa peserta Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) pada hari Sabtu, 31 Juli 2021 secara daring. Pembekalan tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran bagi para calon guru PPL tentang kondisi pelaksanaan pembelajaran daring yang sudah berlangsung selama lebih dari satu tahun.

Dengan masih adanya pandemi COVID-19 di Indonesia, hampir semua sekolah masih melaksanakan pembelajaran secara daring. Oleh karena itu, PBI UII membekali para calon guru PPL dengan strategi mengajar kreatif untuk pembelajaran daring, kemampuan manajemen kelas daring, dan juga kemampuan meningkatkan motivasi dan memberikan dukungan moral bagi para siswa dalam pembelajaran daring.

            Menurut Willy Prasetya, S.Pd., M.A. selaku koordinator PPL PBI UII 2021, tahun ini adalah kali kedua PBI UII melaksanakan PPL untuk pembelajaran daring. “Secara umum pelaksanaan PPL tahun lalu mendapatkan sambutan yang cukup baik dari pihak sekolah, dan tahun ini insya Allah pelaksanaan PPL bisa lebih baik lagi berkat masukan dari para guru di sekolah, mahasiswa, dan juga dosen pembimbing,” ungkapnya. Dia menambahkan bahwa adanya keharusan untuk melaksanakan pembelajaran secara daring dan mengurangi mobilitas justru menjadi suatu berkah tersendiri karena PPL bisa dilaksanakan di daerah asal mahasiswa. Dengan demikian, peluang kemitraan dengan sekolah yang berada di luar Daerah Istimewa Yogyakarta terbuka semakin luas. Di samping itu, kesempatan ini memberikan gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran daring di berbagai penjuru Indonesia yang nantinya dapat dijadikan rujukan dalam perencanaan pembelajaran di PBI UII agar lebih relevan dengan kondisi di dunia nyata.

            Tahun ini, sebanyak 70 mahasiswa diterjunkan ke 37 sekolah yang ada di 12 provinsi, yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Tenggara. 70 mahasiswa tersebut tergabung dalam gelombang pertama PPL 2021 yang dilaksanakan pada bulan Agustus dan September, sementara gelombang kedua akan dilaksanakan pada bulan Oktober dan November.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.