PBI GELAR CAREER PLANNING “TRANSLATION & INTERPRETATION”

 

Sebagai salah satu upaya membangun budaya mutu di jurusan/program studi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) terus menyelenggarkan berbagai aktifitas yang dianggap bisa menjadi penunjang, termasuk penyelenggaraan workshop caree planning bertema Professional Translators in Education 4.0 pada Senin, 19 April 2021.

Kegiatan yang diselenggarakan secara daring dan dimoderatori oleh Astri Hapsari, S.S., M.TESOL. (Dosen Prodi PBI FPSB UII) serta dibuka secara langsung oleh Dekan FPSB UII, Dr. H. Fuad Nashori, S.Psi., M.Si., M.Ag., Psikolog ini menghadirkan Afrizal Luthfi Lisdianta, S.S (Direktur operasional PT. Star Software Indonesia dan SpeeQual Malaysia, Sdn. Bhd., sekaligus dosen Universitas Sebelas Maret) bersama salah satu alumni Prodi PBI FPSB UII, Yunita Wahyu Widyaningrum, S.Pd. (Linguist PT. Star Software Indonesia).

Sementara Ka. Prodi PBI, Irma Windy Astuti, S.S., M.Hum dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan bebasis rasionalisasi peminatan, dimana pada semester ini peminatan bidang translation mengalami peningkatan sehingga perlu mendapat gambaran terkait bidang pekerjaan yang bisa diraih setelah lulus kelak.

Dalam paparannya, kedua pemateri berbagi pengalaman terkait lika-liku dalam menempuh karir khususnya di bidang  industri  Translation and Interpretation. Bidang pekerjaan ini ternyata sangat terbuka luas di dunia internasional. Perbedaan bahasa antar negara memang menjadi hal yang sangat sensitif dalam dunia industri jika tidak melibatkan penterjemah yang nantinya bertugas melakukan pelokalan brand atau keterangan sebuah produk untuk memaksimalkan pemasaran.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.