PBI UII Gelar Sosialiasasi Cambridge TKT untuk Mahasiswa dan Alumni

 

Menindaklanjuti kerjasama dengan Briton English Education, PBI UII menggelar sosialisasi program sertifikasi pengajar internasional untuk mahasiswa dan alumni PBI UII pada hari Kamis, 8 April 2021. Sebanyak 74 peserta hadir dalam kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan secara daring tersebut.

Dalam sambutannya, Irma Windy Astuti, S.S., M.Hum. sebagai ketua prodi PBI UII menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memberikan informasi mengenai program sertifikasi pengajar internasional kepada seluruh mahasiswa dan alumni. “Program ini merupakan salah satu komitmen dan upaya konkret dari Prodi PBI UII untuk membantu rekan-rekan semua mengikhtiarkan atau meraih kualifikasi sebagai calon guru Bahasa Inggris masa depan yang di atas rata-rata, yang mampu bersaing dan diakui secara internasional,” terangnya. 

Senada dengan Kaprodi PBI UII, Kepala laboratorium PBI UII, Intan Pradita, S.S., M.Hum, sebagai moderator dalam kegiatan sosialisasi tersebut menegaskan bahwa sertifikasi profesi dapat menambah nilai bagi calon guru yang akan melamar pada sekolah dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa jenis sertifikasi yang saat ini diperlukan oleh pengajar adalah Program Profesi Guru (PPG) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud dengan durasi pelatihan selama satu tahun, Certificate in Teaching English to Speakers of Other Languages (CELTA) oleh beberapa institusi dengan durasi pelatihan selama satu tahun, dan Teaching Knowledge Test (TKT) oleh beberapa institusi termasuk Cambridge namun tidak membutuhkan waktu yang panjang. Cambridge TKT dipilih oleh PBI UII untuk mahasiswa dan alumni karena bersifat direct test dan lebih ekonomis secara biaya maupun waktu.

Aldyansyah, S.Pd., M.TESOL. dari Briton English Education sebagai pemateri dalam kegiatan ini menjelaskan bahwa Cambridge TKT merupakan sebuah tes yang tidak hanya mengukur namun juga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengajar. “TKT is the IELTS for the teacher,” imbuhnya. Selain itu dia juga memaparkan dan mensimulasikan beberapa bentuk modul soal bersama dengan peserta yang secara  aktif berpartisipasi dalam simulasi tersebut.

Sonia Lubis yang merupakan mahasiswa aktif PBI UII mengaku senang mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut. “Topik yang sangat menarik, penjelasannya sangat detail mengenai jenis dan regulasi tesnya. Senang dan bangga karena PBI UII memfasilitasi mahasiswa dan alumni untuk future career kami.” 

Syahrul Yaqin, salah satu alumni PBI UII yang sudah berkarir menjadi guru disebuah sekolah internasional, berharap dapat mengikuti tes sertifikasi yang akan dilaksanakan oleh PBI UII bersama dengan Briton English Education dan mendapatkan sertifikat mengajar untuk memacu dirinya menjadi lebih profesional.

Tidak hanya menyelenggarakan sosialisasi pengarahan terkait teknis pelaksanaan Cambridge TKT, prodi PBI UII juga memberikan subsidi biaya tes kepada mahasiswa. Subsidi diberikan untuk 30 mahasiswa dengan IPK tertinggi. Cambridge TKT bisa diambil oleh mahasiswa yang telah lulus mata kuliah Classroom Management, Reflective Peer Microteaching, dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Cambridge TKT tidak dapat diselenggarakan secara daring, sehingga mahasiswa dan alumni yang hendak mengikuti tes diharuskan untuk datang ke Jogja. Pelaksanaan tes tersebut akan dibagi dalam beberapa angkatan. Angkatan pertama akan diselenggarakan pada minggu pertama bulan Juni 2021 dan angkatan selanjutnya pada minggu pertama bulan September 2021. (FHA/WP)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.