Mahasiswa PBI UII Raih Hibah Young Leader for Community Projects Pertamina Foundation

 

Lu’luatul Awaliyah (PBI UII 2017) telah berhasil mendapatkan hibah Young Leader for Community Projects dari Pertamina Foundation. Setelah melewati seluruh rangkaian dari seleksi untuk hibah tersebut, mahasiswi yang akrab disebut Lulu itu berhasil menempati urutan 8 dari 18 proposal yang terpilih. Dengan program yang berjudul OPOR (One Person One Record) Initiative, Lulu memperoleh dana sebesar 15 juta Rupiah untuk mengembangkan program tersebut.

OPOR Initiative bertujuan untuk mendukung pemberdayaan literasi penyandang difabel netra diseluruh Indonesia melalui media pembelajaran berupa rekaman suara (audio book). Media rekaman tersebut merupakan solusi untuk para penyandang difabel netra khususnya selama masa pandemi ini yang memaksa mereka untuk belajar di rumah. Saat ini, OPOR telah berhasil merekrut relawan online dan offline yang juga berperan sebagai perwakilan dari provinsi masing-masing. Melalui para relawan di banyak provinsi, audio book yang telah dibuat akan didistribusikan ke seluruh Indonesia. Tidak berhenti di situ, OPOR Initiative juga melaksanakan monitoring untuk mengawasi penerapan program tersebut dan mengadakan pre-test dan post-test untuk memastikan manfaat dari program tersebut.

Menurut Lulu, latar belakang OPOR Initiative adalah kondisi Sekolah Luar Biasa (SLB) disekitar tempat tinggalnya yang memiliki keterbatasan fasilitas pendidikan dan hanya memiliki 1 guru pengampu difabel netra. Kondisi tersebut diperparah dengan sulitnya akses untuk memperoleh media pembelajaran yang memadai. Dibutuhkan setidaknya 3 jam perjalanan menuju pusat kota untuk mendapatkan hal tersebut. Lulu berharap bahwa program ini dapat tetap terus berjalan karena dampaknya bukan hanya dirasakan oleh penyandang difabel netra tetapi juga oleh pemuda sekitar melalui pemberdayaan untuk mendukung sekolah-sekolah bagi penyandang difabel netra.

 

 

Kompetisi hibah Young Leader for Community Projects bertujuan untuk memfasilitasi para pemimpin muda dari kalangan kaum milenial yang memiliki passion tinggi untuk menuntaskan masalah sosial dan lingkungan di masyarakat marginal dan rentan. Berdasarkan informasi resmi dari Pertamina Foundation, ada 1197 peserta dengan 424 proposal yang terdaftar dalam kompetisi ini. (SM/WP)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.