Prodi Pendidikan Bahasa Inggris menyelenggarakan Guest Lecturing on Qualitative Data Analysis

Pada tanggal 30 Juni 2020, prodi Pendidikan Bahasa Inggris UII melalui mata kuliah Research Instruments & Data Analysis menyelenggarakan webinar Guest Lecturing on qualitative data analysis. Narasumber guest lecturing ini adalah Dr. Nur Arifah Drajati yang merupakan pakar penelitian kualitatif dan telah mempublikasikan hasil penelitian kualitatifnya di jurnal internasional bereputasi.

Melalui pemaparan beliau, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengambil data kualitatif supaya dapat memperoleh data yang berkualitas. Yaitu dengan cara menentukan konstruk yang tepat dan keterampilan dalam elicit partisipan penelitian. Dr. Arifah juga menjabarkan bahwa data yang berkualitas adalah data yang disampaikan secara lengkap dan elaborative.

Pentingnya format tabel instrumentasi analisis data yang menyertakan field notes dan reduksi data merupakan hal yang perlu mendapat perhatian bagi penyusunan instrumen data analisis.  Dengan demikian, proses lanjutan berupa coding dan thematizing akan cenderung lebih mudah dilakukan. Apabila instrument data collection dan data analysisnya lengkap, insyaallah tidak akan kesulitan menyelesaikan bab 4 dan 5 skripsi.

Guest lecturing ini dihadiri oleh kepala prodi Pendidikan Bahasa Inggris UII, Irma Windy Astuti, M.Hum, dan dosen pengajar mata kuliah Research Instruments & Data Analysis, Intan Pradita, M.Hum. Terdapat dua mahasiswa yang memperoleh doorproze berupa e-book desain intsruksional pembelajaran online yang diberikan kepada 2 peserta aktif yaitu Mudo Pratomo, dan Ulfatur Rahmi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.