TENAGA KEPENDIDIKAN PBI UII IKUTI PELATIHAN PELAYANAN PRIMA

Tingkat kepuasan civitas akademika terhadap kampus salah satunya dipengaruhi oleh pelayanan Tenaga Kependidikan (Tendik), baik pelayanan dalam bidang akademik maupun non akademik. Guna mewujudkan pelayanan yang prima tersebut maka dibutuhkan sebuah sinergi dan bekerja yang maksimal dalam memberikan pelayanan terbaik.

Sebagai upaya untuk mencapai hal tersebut, sebanyak 3 tenaga kependidikan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) yaitu: Tri Ruswantoro, A.Md., Syahri Ramadhan S.Pd, dan Ahmad Faozan, S.Pd,  mengikuti pelatihan pelayanan prima yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Atria Magelang pada Kamis- Jum’at, 17-18 Agustus 2018M/ 24-25 Dzulqo’dah1438H.

Pelatihan pelayanan prima yang bertemakan “Melayani dengan Hati” tersebut ditunjukan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan mengenai bagaimana memperlakukan pelanggan/ melayani stakeholders dengan hati sehingga diperoleh feedback berupa tingkat kepuasan yang baik dari pelanggan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh pimpinan FPSB UII, Dr. rer.nat Arief Fahmie, MA, Psikolog dan Dr. Hepi Wahyuningsih, S.Psi., M.Psi selaku Dekan dan Wakil Dekan FPSB sekaligus nara sumber dalam acara serasehan.

Di sesi awal, Dr.rer.nat Arief Fahmie, MA., Psikolog membuka dengan memberikan sebuah games yang melatih peserta untuk lebih fokus, berkonsentrasi, dan berrefleksi terhadap pelayanan istimewa yang sudah di dapatkan selama di Hotel dan tempat rafting. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan acara serasehan bersama dengan pimpinan fakultas.

Selain itu, kegiatan pelatihan pelayanan prima juga menghadirkan salah satu dosen Prodi Psikologi FPSB UII sebagaipemateri, yaitu Rina Mulyati, S.Psi., M.Psi. Dalam salah satu pemaparannya, bu Rina menyampaikan bahwa peningkatkan pelayanan prima harus dilakukan secara step by step dan menjadi kebiasaan atau rutinitas.

“Kunci keberhasilan dalam pelayanan prima adalah focus pada tujuan, membangun sebuah kedekatan, ketajaman indera, dan fleksibel dalam tindakan” paparnya. “Hanya orang yang merasa mempunyai lebihlah yang akan memberikan kepada orang lain, dalam hal ini adalah memberikan pelayanan terbaik dengan hati”lanjutnya.

Semoga usai pelatihan pelayanan prima tersebut, tenaga kependidikan FPSB UII, khususnya tendik Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dapat memberikan pelayanan terbaiknya kepada civitas akademika di lingkungan Prodi PBI UII

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.